Merancang Atap Carport Minimalis

Rabu, 1 Jan 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta -  

Tips Merancang Atap Carport Minimalis

Atap carport simpel saja. Yang penting dapat melindungi kendaraa n di bawahnya.

Housing-Estate.com – Rumah-rumah yang dibangun developer hampir pasti menyediakan carport untuk parkir mobil. Umumnya hanya berupa coran semen tanpa atap. Jadi, kita perlu membuat sendiri atapnya bila ingin melindungi kendaraan dari hujan dan panas. Tidak seperti garasi yang menyatu dengan bangunan rumah, carport biasanya terpisah. Kendati terpisah, pembuatan naungannya tetap harus memerhatikan gaya rumah agar seirama.

“Secara arsitektural tetap harus konteks dengan bangunannya, agar secara keseluruhan tetap bagus,” kata Budi Satrio, Director D+B Design Build Home About. Untuk itu tak perlu membayangkan carport dengan empat tiang penyangga. Yang simpel saja. Yang penting fungsional dan rendah biaya pula. Bentang atap cukup disangga sebatang besi bulat berdiameter 10 cm. Rangkanya dari besi zinkromat tahan karat yang dikuatkan dengan kabel (sling) baja.

Tiang besi tinggal dibenamkan dengan dicor sedalam 50 cm ke lantai carport dengan cakar besi, atau dikukuhkan dengan sistem anchor (dynabolt). “Biasanya menggunakan sistem dynabolt, karena konsumen tidak mau kalau harus merusak lantai carport-nya,” kata Irfan owner CV Prisma Karya, perusahaan jasa pembuat atap carport, pagar, teralis, dan sejenisnya di Karawaci, Tangerang.

Penutup atap bisa fiber, kaca, kain, atau polycarbonate yang ditempel pada rangka dengan sekrup khusus. Walaupun hanya disangga satu tiang, tak perlu meragukan kekuatannya. Berat rangka atap dan lembaran polycarbonate-nya bisa mencapai 100 kg. Tapi, sebatang tiang besi berdiameter 10 cm dengan penguat sling baja dapat menahan beban hingga 400 kg. Kemiringan atap jangan kurang dari 30 cm dengan buangan air hujan ke bagian depan. Irfan menjamin umur pakai atap bisa mencapai 15 tahun dengan perawatan berkala terhadap besinya.

“Kalau catnya mulai mengelupas, harus dicat ulang dengan merontokkan cat lama menggunakan amplas. Paling tidak dicat ulang 3–4 tahun sekali,” jelasnya. Biaya pembuatan atap carport minimalis antara Rp350 ribu–500 ribu/m2 tergantung ketebalan, Rp550 ribuan bila menggunakan penutup kain atau Rp650 ribuan untuk bahan kaca. Ukuran atap untuk satu mobil 2,5 x 5 m2 dengan tinggi sekitar 2,3 m. Pengerjaan selama empat hari dengan garansi 2–10 tahun tergantung bahan. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan