Membuat Sumur Resapan di Rumah

Kamis, 2 Jan 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ilusatrasi Sumur Resapan

Ilusatrasi Sumur Resapan

Housing-Estate.com, Jakarta - JAKARTA, Housing-Estate.com – Banjir pada musim hujan, kekeringan pada musim kemarau, adalah situasi yang jamak kota-kota Indonesia akhir-akhir ini. Salah satu penyebabnya, berkurangnya ruang terbuka hijau untuk resapan. Kita bisa berpartisipasi mengatasinya dengan membuat sumur resapan di rumah. Bila semua melakukannya, pada musim hujan sebagian besar air bisa diresapkan ke tanah, sehingga pada musim kemarau kita tidak kekurangan air.

Membuat sumur resapan juga tidak sulit. Tinggal menggali sumur berdiameter 0,8–1,2 m sedalam 1,5–3 m, tergantung curah air dan kondisi tanah. “Bila curah hujan tinggi, sumur resapannya lebih lebar dan dalam supaya bisa menampung banyak air. Begitu pula kalau tanahnya lempung, karena tanah lempung lambat menyerap air. Sebaliknya kalau tanah berpasir nggak apa-apa lebih dangkal,” kata Dadang Sobana ST, perekayasa muda Puslitbangkim PU.

Rumah tipe 36 hanya butuh satu sumur berdiameter 1 m. Sedangkan rumah tipe 70 yang atapnya lebih lebar dan mencurahkan air lebih banyak, perlu dua sumur. Bentuk sumur bisa bundar atau persegi empat dengan dinding tanah, susunan bata berlubang tanpa plester, atau pipa beton berlubang.

Bagian bawah sumur diisi kerikil, puing, dan atau ijuk setebal kira-kira 10 cm. “Tanpa alas kerikil atau ijuk, air akan langsung menimpa pori-pori tanah dan menutupnya, sehingga mengurangi efektifitas sumur menyerap air,” jelas sarjana teknik sipil Undip (Semarang) itu.

Bagian atas sumur ditutup beton bertulang yang cukup kuat, dengan posisi lebih rendah sekitar 15 cm dari permukaan tanah. Jadi, di atasnya bisa ditutup tanah dan ditanami pohon.

Air hujan dialirkan dulu ke saluran air hujan di halaman langsung dari atap atau melalui talang vertikal, sebelum terus ke bak kontrol berpenyaring kasa nyamuk dan masuk ke sumur. Atau bisa juga dari saluran air hujan langsung ke sumur tanpa fasilitas bak kontrol.

Pengaliran air dari saluran air hujan ke sumur menggunakan pipa PVC 110 mm (3 inch). Dibuatkan juga pipa keluaran dari sumur ke saluran umum untuk melepas air bila sumur penuh. Yoenazh

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan