Agar Kamar Mandi Sehat dan Kering

Jumat, 3 Jan 2014 |
Kamar Mandi

Kamar Mandi

Housing-Estate.com, Jakarta - JAKARTA, Housing-Estate.com – Di Indonesia sebagian besar rumah kamar mandinya identik dengan ruang yang lembab, basah, jorok, dan bau. Padahal, kamar mandi lembab adalah tempat  berbiaknya kuman dan bakteri. Rumah-rumah di perkotaan yang makin mungil membuat kuman dan bakteri itu mudah menyebar ke seantero ruang.

“Kamar mandi yang sehat harus selalu kering. Bakteri tidak mudah berbiak dalam kondisi kering. Itulah sebabnya kamar mandi harus terang dengan sirkulasi udara bagus. Kalau tidak mungkin ada jendela, bisa diganti dengan exhaust,” kata Rina Renville, Director PT De’stijl Cipta Kreasi, sebuah perusahaan konsultan desain di Jakarta.

Menurut Wahyu Achadi, Director HomeWorks, konsultan desain dan arsitektur lain di Jakarta, untuk membuat kamar mandi yang sehat, kita perlu membagi ruangnya menjadi area basah (untuk mandi) dan kering (tempat wastafel dan kloset). “Di area basah tidak perlu pasang bak mandi, cukup shower. Sedangkan kloset harus dilengkapi jet washer (pembilas semprot),” katanya.

Selain hemat air, penggunaan shower membuat jatuh air lebih fokus ke arah badan, tidak lari ke mana-mana. Begitu juga jet washer, membantu kita berbilas tanpa air menyiprat ke luar kloset.

Bidang seluas 1,5 x 1,5 m2 sudah cukup untuk membuat kamar mandi sehat. Gunakan material yang simpel dan mudah dibersihkan. Bidang dibagi secara tegas antara area shower dan kering.

Agar mandi tetap leluasa, letakkan head shower di sudut dalam posisi diagonal  berikut tempat sabun dan shampo, sehingga didapat area mandi (basah) lebih memanjang.

Posisi area shower dibuat lebih rendah daripada area kering. Untuk makin menjamin air tidak menyiprat ke area kering, kita bisa memasang shower screen (kaca, akrilik, tirai plastik) sebagai pemisah kedua area. Bersihkan screen secara berkala agar tidak berjamur.

Bila bentuk kamar mandi memanjang, misalnya 1 x 3 m, pembagian ruangnya lebih mudah. Area shower di satu sisi, kloset dan wastafel di sisi yang lain dekat pintu. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan