Merencanakan Pembangunan Rumah (Bagian I)

Sabtu, 11 Jan 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - membangun rumahMenyusun RAB

            Proses membangun rumah baru atau renovasi membutuhkan biaya tidak sedikit. Untuk itu Anda perlu merencanakannya dengan matang. Caranya dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). RAB adalah total anggaran biaya, termasuk upah tukang dan peralatan, yang dibutuhkan untuk pembangunan sebuah proyek konstruksi baik berupa rumah maupun bangunan lain.

RAB memuat uraian pekerjaan yang disusun menurut jenis pekerjaan dalam gambar kerja. Jadi, harus ada gambar kerja berupa detail desain bangunan sebagai dasar menyusun RAB. RAB akan memberi panduan yang jelas dan akurat kepada tukang di lapangan sekaligus mengontrol pengeluaran. RAB juga menjadi ukuran mutu bangunan berdasarkan spesifikasi material yang dipilih.

Spesifikasi bahan bangunan itu tertera rinci di RAB. Pilihan terpulang pada pemilik bangunan. “Pastikan semua spek bangunan tertulis dengan merek yang jelas dalam RAB. Kalau tidak bisa menjadi celah bagi kontraktor nakal untuk mengganti-ganti mutu bahan,” kata Ivan Darmanto, arsitek yang bekerja di sebuah perusahaan konstruksi dan real estate di Jakarta.

Sebaiknya Anda meminta pembuatan RAB kepada arsitek atau kontraktor berpengalaman. Penyusunan RAB idealnya berbarengan dengan proses mendesain. Jadi, sejak awal penciptaan desain sudah disesuaikan dengan kisaran bujetnya. Dengan adanya RAB kemungkinan penghitungan biaya pembangunan meleset dari perencanaan awal paling banyak 10 persen. 

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan