Merencanakan Pembangunan Rumah (Bagian II)

Minggu, 12 Jan 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - menghitung RAB membangun RumahApa saja yang dihitung?

RAB untuk membangun rumah baru mencakup penghitungan seluruh biaya yang dibutuhkan mulai dari proses awal persiapan tanah hingga finisihing bangunan. Terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan instalasi listrik dan instalasi air, pekerjaan luar (lansekap) dan pekerjaan interior jika diperlukan. Setiap rincian pekerjaan berbeda-beda satuannya, ada yang dihitung per bulan, per unit, per meter atau borongan langsung (lump sump).

Pada prinsipnya pembuatan RAB untuk berbagai proyek konstruksi sama saja.  Mulai dari pembangunan rumah sederhana satu lantai hingga masjid, sekolah sampai ruko dengan ketinggian lebih dari dua lantai. Namun, RAB juga sangat tergantung desain bangunan. Jadi, selain memuat uraian satuan pekerjaan standar, bisa saja ada pekerjaan khusus sesuai desain yang juga perlu dirinci dalam RAB. Misalnya, pembuatan railing, pagar, elemen ukiran dan lain sebagainya.

Sederhananya RAB terdiri dari tabel yang memuat uraian pekerjaan, satuan, volume, harga satuan dan total harga. Total harga adalah hasil kali dari volume dan harga satuan. Total harga setiap jenis pekerjaan dijumlahkan menjadi sub total. Dari penjumlahan seluruh sub total diperoleh total harga bangunan. Pengelompokkan jenis pekerjaan dan sub total biayanya bertujuan mempermudah termin pembayaran.

Kadang kala ada saja satuan pekerjaan yang luput dari penghitungan di RAB. Untuk menghindari konflik dengan kontraktor, sebaiknya disepakati sejak awal kalau ada yang kurang kedua pihak mengacu pada RAB atau gambar kerja. “Jika berpatokan pada gambar, kemungkinan tambahan pekerjaan yang ada di gambar tapi tidak tercantum di RAB dapat dihitung ulang. Namun, kalau hanya mengacu pada RAB berarti menjadi tanggung jawab kontraktor jika ada yang terlewat dihitung,” jelas Ivan. Diyah

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan