Pencahayaan Nyaman di Kamar Tidur

Minggu, 2 Feb 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - IMAG2230

Tata ruang dan lay out furnitur harus sudah jelas sebelum menentukan sistem pencahayaannya.

Tata cahaya pada setiap ruang di dalam rumah bisa jadi tidak selalu sama. Pasalnya, desain pencahayaan dapat dipengaruhi fungsi dan dimensi ruangan, pengaturan furnitur dan dekorasi serta selera pemakainya. Perlu juga diperhatikan kegiatan apa yang akan diwadahi dalam sebuah ruang.

Seperti di kamar tidur, sebagai tempat istirahat pencahayaannya harus lembut. Tingkat terang cahaya tidak perlu terlalu tinggi, yang penting memberi nuansa hangat (warm). Bisa dipilih lampu dengan karakter warna cahaya putih kekuningan (warm white) yang memiliki color temperature rendah.

IMAG2233

Sembunyikan sumber cahaya

Pencahayaan merata (general lighting) di kamar tidur, usahakan tidak mengganggu kenyamanan mata saat beristirahat. Sembunyikan sumber cahaya agar tidak terlihat langsung oleh mata karena akan menyilaukan.

Untuk kamar tidur anak bisa digunakan lampu downlight tertutup (close type) atau lampu dengan kap tertutup (barret). Peletakan titik-titik lampu sebaiknya JUGA tidak tepat di atas area tempat tidur untuk menghindari silau. Jumlah titik lampu dipengaruhi besaran ruangan, tingkat penerangan yang dibutuhkan, jenis lampu, dan watt yang dipakai.

Adjustable lamp

Adjustable lamp

Meski difokuskan untuk kenyamanan beristirahat atau tidur, pencahayaan di kamar tidur seringkali juga diperlukan untuk kegiatan membaca, berdandan dan berganti pakaian. Kebutuhan pencahayaan untuk area ini tentu lebih terang dan sebaiknya memiliki renderasi warna (color rendering) tinggi seperti halogen. Terutama pada area berdandan dan berganti pakaian sehingga warna asli obyek bisa tampil sempurna.

Di dekat meja rias atau di atasnya kita bisa meletakkan lampu halogen. Sedangkan untuk menerangi lemari pakaian, tempatkan down light yang bisa diarahkan (adjustable lamp) atau dapat diputar arah cahayanya dengan hitungan sudut tertentu seperti digunakan pada accent lighting.

Lampu tambahan yang digunakan untuk membaca bisa diperoleh dari lampu meja. Satria menyarankan untuk meletakkannya di kedua sisi tempat tidur sehingga membentuk pencahayaan setempat (local lighting). Halimatussadiyah

Ini tipsnya

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan