Dapur Butuh Pencahayaan Terang

Sabtu, 8 Feb 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Area kerja di dapur butuh task lighting dengan terang cahaya yang cukup.

Ruang dapur kadang terbatas atau kecil, tapi kegiatan yang ditampungnya cukup banyak. Ada tiga area kerja spesifik yang harus ada di dapur, yaitu area persiapan, memasak, dan penyajian. Selain alur kerjanya harus benar agar sirkulasi lancar, dapur juga harus didukung pencahayaan memadai. “Dapur harus cukup terang supaya aman,” kata Danang Ismoyo, lighting designer dari Konsultan Arsitektur Pavillion 95.

Perencanaan pencahayaan yang harus diperhatikan adalah tersedianya general lighting dan task lighting. General lighting berfungsi menerangi area dapur secara merata, sedangkan task lighting secara khusus diaplikasikan untuk menerangi area kerja. Menurut Danang, kebutuhan tingkat terang cahaya di dapur sekitar 250-300 luks untuk general lighting. Untuk itu bisa digunakan jenis lampu neon atau down light.

Gunakan lampu halogen untuk menerangi dislay di dapur

Gunakan lampu halogen untuk menerangi dislay di dapur

Pilih yang putih

Kegiatan di dapur selalu berhubungan dengan warna-warni sayuran, buah-buahan dan bumbu-bumbu yang perlu dilihat secara teliti. Untuk itu area kerja perlu diterangi task lighting dengan tingkat terang cahaya sekitar 300 luks. Sebaiknya pilih lampu dengan warna cahaya yang putih atau mendekati cahaya alami (natural daylight). Gunakan jenis lampu yang memiliki CRI (color rendering index) minimal 90, misalnya  lampu halogen.

Fungsinya menghasilkan warna benda yang baik ditangkap oleh mata, sehingga ketika memasak kita bisa membedakan warna makanan yang diolah. Bedanya dengan lampu dengan CRI rendah, misalnya lampu jalan (CRI= 20), semua benda yang diterangi terlihat sama cokelat.

Danang menyarankan meletakkan lampu secara tersembunyi di bawah kabinet atas atau lemari gantung pada kitchen set, agar tidak menyilaukan dan mengganggu pandangan. Pencahayaan bisa juga dipantulkan ke arah dinding lebih dulu sehingga didapat bias cahaya yang lebih lembut.

Jenis lampu neon (tube light) yang berwarna putih juga masih bisa digunakan. Arahkan saja secara langsung di atas meja kerja. Jika dapur anda didesain dengan island table, pada meja kerja di bagian tengah, tempatkan spotlight halogen yang disorot dari arah kabinet atas atau tepat di atasnya. Khusus pada area memasak, penerangan bisa juga dibantu alat penghisap asap (cooker hood) yang diletakkan di atas kompor yang biasanya sudah dilengkapi lampu.

Lampu gantung ditambahkan pada area meja sarapan

Lampu gantung ditambahkan pada area meja sarapan

Lihat Tips Pencahayaan Di Dapur

Laman: 1 2

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan