Wall Cover Lebih Awet Dari Cat

Sabtu, 15 Feb 2014 |
Wall cover bernuansa klasik

Wall cover bernuansa klasik

Housing-Estate.com, Jakarta - Kini ada wall cover yang terbuat dari bahan yang lebih tahan lama dan mampu meredam api.

Selain cat pilihan finishing lain untuk dinding adalah wall paper. Warna, motif, dan tekstur permukaannya makin beragam. Hampir setiap tahun dilansir motif-motif baru. Jadi, Anda makin bebas berkreasi menciptakan gaya interior yang diinginkan. Tema interior apapun bisa digarap dengan wall paper.

Dulu sesuai dengan namanya wall paper terbuat dari kertas. Tapi, kini ada yang dari vinil, tekstil, jerami, atau bahkan pelepah pisang, dan karena itu disebut wall cover. Wall cover dari vinil terbilang paling favorit karena tidak gampang sobek, tahan lama, dan mampu meredam api (fire retardant).

Teksturnya ada yang flat (datar), embossed (timbul), dan inregistered (timbul dan seolah-olah diukir). Bagian backing (belakang)-nya juga bervariasi. Selain dari kertas bisa juga dari fabric fiber nonwoven atau cloth.

Nonwoven memungkinkan wall cover lebih merekat dan tahan bila terjadi retak dinding. Sedangkan wall cover dengan cloth lebih mudah dilepas dan dipindah. Wallcover dengan backing fabric fiber biasa dipakai di gedung komersil.

Ada pula wall cover hand painted (buatan tangan) yang motif atau gambarnya langsung dibuat di atas wall cover terpasang. Untuk ruangan anak yang didominasi warna-warna cerah, tersedia wall cover glow in the dark yang motifnya mengeluarkan cahaya saat ruangan gelap atau lampu dimatikan.

Pasang wall cover fancy untuk kamar anak

Pasang wall cover fancy untuk kamar anak

Pilihan lain buat kamar anak adalah wall cover bergambar tapi belum berwarna. Jadi, anak-anak bisa mewarnainya dengan krayon. Pemakaian wall cover juga lebih awet ketimbang cat. Normalnya, bisa bertahan hingga 10 tahun. Bandingkan dengan cat yang harus di-refresh setiap 2-3 tahun.

Kelebihan wall cover juga mampu menutupi dinding yang retak dan berbercak. Ukuran standar (panjang dan lebar) 10 x 0,53 m per rol. Tersedia juga ukuran 30 x 0,90 m, 10 x 0,70 m dan 50 x 1,30 m. Menurut Lunardy, berat wall cover menentukan kualitasnya. Berat standar 240 – 280 gram/m2 atau 1,2 – 1,4 kg/rol. Kurang dari itu berarti mutunya tidak bagus.Amel

Lihat TIPS PILIH & PASANG WALL COVER

Dok. Majalah HousingEstate

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan