Bereksplorasi dengan Cat Dekoratif

Minggu, 16 Feb 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Kerang pun bisa dipakai untuk menghiasi dinding

Kerang pun bisa dipakai untuk menghiasi dinding

Housing-Estate.com, Jakarta - Apapun bisa ditampilkan lewat cat dekoratif. Dan Anda bisa melakukannya.

Memperbaharui warna dinding adalah salah satu cara mempercantik tampilan rumah. Bisa dengan mengecat ulang, menambahkan wall cover, atau menggantinya dengan dinding dekoratif melalui eksplorasi cat dekoratif.

Bagi yang senang bereksplorasi dan kreatif, cara yang terakhir patut dicoba. Cat dekoratif memungkinkan berkreasi menciptakan nuansa ruang berbeda. Corak dan tekstur apapun bisa dibuat. Tidak hanya polos konvensional seperti biasa terlihat pada cat rumah selama ini.

Kreasi cat

Menurut pakar cat dekoratif Ahmad S Fawzy, eksplorasi cat dekoratif adalah bentuk finishing pengecatan dengan mengkreasikan lapisan cat terakhir sebelum mengering, guna menciptakan motif, corak, efek, atau desain tertentu pada ruang. “Di situ kita tumpahkan imajinasi sebebas-bebasnya dengan bantuan alat dan teknik tertentu,” kata pria yang akrab disapa Ade itu.

cat-dekoratif-2

Teknik paling sederhana disebut broken color yang bisa diaplikasikan dengan sponging (spons), ragging (kain), brushing (kuas), atau rag rolling (kain pada rol). Orang awam pun bisa melakukannya. Plastik, kayu, sikat gigi, dan lain-lain pun dapat digunakan. Tergantung corak yang ingin dihadirkan pada dinding.

Bagi yang suka dengan nuansa antik, dinding bisa dibuat terkesan tua dengan teknik antiquing. Misalnya, dengan membuat efek kayu lapuk atau baja berkarat. Ada pula teknik faux finished untuk menampilkan efek atau tekstur alami (marbling) seperti batu alam. Karena rumit dua teknik terakhir butuh aplikator cat dekoratif.

Sementara untuk membentuk efek urat-urat pada batu alam, Anda bisa memakai bulu ayam. Di sini selain keuletan, juga butuh sense of art yang tinggi untuk melakukannya. Bahkan, lidi dan koran bekas bisa dipakai untuk menghadirkan efek marbling. “Seperti mencoba resep makanan. Bahan dan cara bisa sama, tapi hasilnya bisa berbeda,” ujar Ade.

Menyelaraskan ruangan

Selain kemampuan dan pengalaman, kualitas cat memengaruhi eksplorasi cat dekoratif. Oleh sebab itu pilih cat dekoratif bermutu. Seperti warna, eksplorasi cat dekoratif juga berfungsi menciptakan kesan tertentu pada ruang. Karena itu cat dekoratif tak perlu diterapkan pada semua dinding. Biarkan satu atau dua bidang sebagai aksen.

Desain dinding dekoratif yang dihadirkan sebaiknya disesuaikan dengan tema ruang. Dan ini tergantung selera. Dalam hal ini, menurut dia, pilihan warna tetap paling menentukan ketimbang corak, karena pilihan warna berkaitan dengan suasana atau mood yang ingin dihadirkan pada ruang.

Eksplorasi cat dekoratif bisa dilakukan belakangan setelah model perabot ditentukan. Dengan demikian kita bisa leluasa menentukan desain dinding dekoratif yang tepat. “Cat dekoratif akan menyelaraskan seluruh komposisi dalam ruang,” kata Ade yang sedang mencoba mengembangkan town house di Pondok Labu itu. Amalia M Roozanty

Dok. Majalah HousingEstate

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan