Menerangi Taman di Malam Hari

Sabtu, 22 Feb 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Pepohonan di taman dapat diterangi dengan berbagai teknik agar tetap menarik di waktu malam.

Menikmati suasana malam di taman tentu punya keasyikan tersendiri. Tapi, kalau suasananya gelap bisa menyeramkan. Agar tetap terang dan menarik, taman perlu diberi pencahayan. Tidak hanya sebuah lampu di tengah taman seperti biasa kita gunakan, tapi perlu tambahan efek pencahayaan agar tampilan pepohonan tidak hilang keindahannya. Selain itu pencahayaan juga dibutuhkan untuk menciptakan rasa aman.

lighting-taman-2

lighting-taman-1

Efek lighting

Efek-efek pencahayaan (lighting) untuk membuat suasana taman bertambah cantik dan dramatis, bisa dihadirkan melalui berbagai teknik. Penempatan sumber cahaya atau lampu yang tepat akan menguatkan karakter pohon atau tanaman yang diterangi. “Untuk tanaman tentukan bagian mana yang akan ditonjolkan apakah daunnya, batangnya atau cabang-cabangnya,” ujar Benno Salinas, seorang lighting designer.

Spot lighting adalah teknik yang umum dipakai untuk menyorot bagian pohon yang ingin ditonjolkan. Lampu spot ditempatkan di bawah pada arah depan pohon. Efek pencahayaan yang dihasilkan biasanya lebih merata. Untuk menguatkan kesan tinggi pada barisan pohon kita dapat menempatkan lampu yang menyorot ke atas atau uplighting. Fokus yang diterangi dalam teknik ini biasanya batang pohon.

Agar sedikit dramatis pepohonan boleh ditampilkan dalam siluetnya saja. Efek pencahayaan seperti itu bisa ditimbulkan dari teknik silhouetting. Yakni, dengan menempatkan lampu sorot dari arah belakang pohon. Jika ingin lebih romantis, terangi pohon dari arah atas seperti sinar bulan. Bayangan pohon dan percabangannya akan telihat pada bidang datar di bawah (tanah atau rumput). Teknik ini disebut moonlighting.

Pilihan lain adalah shadow lighting, digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada pepohonan. Lampu ditempatkan untuk menyorot pohon atau tanaman dari arah samping.

Selain tanaman, ornamen lain di taman juga perlu diterangi untuk menghidupkan suasana. Bagian dinding yang polos misalnya, dapat dipermanis dengan teknik wall washing. Lampu dipasang pada bagian atas atau dari bawah dinding untuk memunculkan efek bias-bias cahaya di permukaannya. Dinding yang bertekstur sebaiknya tidak memakai teknik ini karena efeknya tidak akan terlihat. Halimatussadiyah

Memilih Lampu Outdoor

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan