Ciputra Kembangkan 8 Proyek Baru

Selasa, 25 Feb 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Ciputra, Chairman Ciputra Group, tampaknya ingin membuktikan optimismenya tentang prospek sektor properti di tahun 2014. Melalui salah satu anak perusahaannya, PT Ciputra Residence, tahun ini perusahaan konglomerat di bidang properti itu menggarap delapan proyek baru dan enam proyek berjalan (on going). Menurut Agussurya Widjaja, Direktur Ciputra Residence, delapan proyek baru itu dikembangkan dengan pola joint venture (JV),  joint operation (JO) dengan pemilik lahan, dan dikerjakan sendiri.

Salah satu proyek kerjasama yang dikembangkan adalah pembangunan lima menara apartemen di Jl Fatmawati, Jakarta Selatan. Proyek yang berdiri di atas lahan seluas 4,6 ha itu akan dikembangkan secara bertahap. Tahap pertama dikembangkan dua tower dengan luas 162.314 m2. Bersama mitranya Ciputra juga akan mengembangkan dua proyek di Kemayoran, Jakarta Utara. Pertama, proyek apartemen twin tower 25 lantai (91.494 m2) di atas lahan 1,8 ha. Kedua,  proyek mixed use development seluas 2 ha yang terdiri dari hotel dan apartemen.

Selain itu masih ada beberapa proyek yang akan dikembangkan dengan pola JV dan JO. Yaitu proyek di Maja Raya, Banten, seluas 430 ha yang akan dikembangkan untuk landed residential, komersial, dan fasilitas publik lainnya. Proyek ini memiliki prospek menjanjikan mengingat kawasan ini nantinya akan terhubung dengan jalur rel ganda. Berikutnya adalah Citra Palm Garden Sentul seluas 79 ha di Sentul, Bogor.

Di luar Jawa yang akan dikembangkan CitraGrand City Pekanbaru (403 ha), proyek residensial di Pontianak, Kalimantan Barat, seluas 9,5 ha. Hanya satu proyek yang digarap mandiri, SOHO di Rawa Buaya seluas 1 ha.

Untuk proyek sedang berjalan CitraGarden City (450 ha), Cengkareng, Jakarta Barat,  CitraRaya Tangerang (2.760 ha), CitraGrand City Palembang (156 ha), CitraRaya City Jambi (600 ha), Citra Lake Sawangan (12 ha), dan CitraGarden BMW Cilegon (47 ha). Di Jakarta Barat Ciputra akan mengembangkan Aeroworld 8 seluas 84 ha yang menjadi bagian dari CitraGarden City. Di proyek itu akan dibangun residensial, komersial, dan sejumlah fasilitas.

Agus menjelaskan, Ciputra Residence bekerja sama dengan Mitsui Fudosan Residential akan mengembangkan proyek apartemen seluas 1,3 ha di CitraGarden City bernama Citra Menara Megah dan Citra Ecopolis Raya (67 ha) di CitraRaya Tangerang. Saat ini total lahan yang digarap Ciputra Residence sekitar 4.000 ha. “Terbesar CitraRaya Tangerang seluas 2.760 ha, saat ini sudah dikembangkan 500 ha,” katanya. Dengan belasan proyek itu Ciputra Residence pada tahun ini menargetkan pendapatan Rp4 triliun. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan