Lilia Sukotjo, Alam Sutera Sebagai Oase

Rabu, 9 Apr 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Dipercaya menjadi direktur marketing PT Alfa Goldland Realty, pengembang Alam Sutera, Serpong (Tangerang), sejak 1998 tidak membuat Lilia Sukotjo berubah menomorduakan keasrian kawasan perumahan itu. Obsesinya tetap: mempertahankan Alam Sutera sebagai perumahan bernuansa lingkungan.

“Konsep awal perumahan ini sebagai permukiman yang concern terhadap kaidah- kaidah lingkungan harus saya pertahankan, meskipun saya dipercaya memimpin divisi pemasaran. Apalagi saya ikut mempersiapkan konsep itu. Saya ingin menjadikan Alam Sutera sebagai oase,” kata arsitek lulusan ITS Surabaya ini.

Lilia Sukotjo

Lilia Sukotjo

Untuk itu penanaman pohon penghijau di sepanjang bulevar (jalan utama) dan semua jalan lingkungan diteruskan. Begitu pula pembuatan taman lengkap dengan tanaman penghijau dan sarana bermain anak-anak di setiap cluster.

Ia juga membuat danau buatan seluas tujuh hektar di antara cluster Telaga Biru dan Sutera Riviera yang berfungsi sebagai reservoar, penguapan air, sarana wisata sekaligus sumber cadangan air bersih saat musim kemarau.

Upaya ibu empat anak ini berhasil. Saat Bapedal (Badan Pengendali Dampak Lingkungan) mengukur baku mutu timbal di udara di Alam Sutera belum lama ini, kadarnya hanya 0,24 micron gram/nano meter kubik (nm3), jauh di bawah standar WHO dan pemerintah (masing-masing 0,5 dan 2 micron gram).

Bukan hanya itu. Keasrian Alam Sutera itu juga mendongkrak pemasaran. Saat ditunjuk sebagai direktur pada puncak krisis ekonomi, pengembangan tahap pertama (300 ha) masih menyisakan lahan 200 ha. Enam tahun setelah itu, seluruh pengembangan rumah tahap pertama sudah terjual. Kini, Lia sedang mengembangkan tahap kedua seluas 400 ha. Samsul

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan