Johanes Mardjuki, Tercepat Raih Kursi Direksi

Sabtu, 19 Apr 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Bulan Juli 2014, tepat dua puluh satu tahun Johanes Mardjuki bergabung dengan PT Summarecon Agung Tbk. Awalnya ia menjadi manager internal audit, yang sehari-harinya bertugas melakukan identifikasi semua kegiatan unit  di lingkungan perseroan: apakah sudah berjalan pada rel yang benar atau belum. Jika ada kendala, ia akan menyampaikan rekomendasi cara penyelesaiannya kepada direksi.

Johanes-Mardjuki-1

Karena itu ia harus mempelajari kegiatan di semua unit bisnis Summarecon. Sebab, kalau kajiannya tidak akurat, akan menjadi persoalan bagi perusahaan. Tiga tahun kemudian anak kedua dari empat bersaudara ini ditunjuk menjadi Personal Assistant to President Director Sutjipto Nagaria, “Semacam asisten pribadi,” tandasnya. Pada posisi ini loyalitas, kejujuran serta profesionalitasnya terhadap persahaan diuji.

Ternyata ia lolos. Indikasi tersebut tampak jelas dari karirnya yang terus meroket. Tahun 1999, alumni SMA Kanisius Jakarta ini dipromosikan menjadi corporate secretary. Membawahi public relation, investor relation, dan community development. Bahkan, pada rapat umum pemegang saham 2003, tepat 10 tahun  bekerja di Summarecon, ia diangkat menjadi direktur keuangan, membawahi akunting dan keuangan.  Johanes tercatat sebagai karyawan yang tercepat meraih kursi  direksi.

Namun jabatannya sebagai corporate secretary tidak boleh dilepas dari tangannya ketika itu. Pasalnya, orang yang menduduki posisi ini dituntut mampu menjawab setiap pertanyaan  dari investor dengan baik, terutama menyangkut soal keuangan. “Keberhasilan ini berkat ketekunan belajar dan keterbukaan terhadap wartawan. Saya siap menjawab setiap pertanyaan wartawan secara transparan,” ujar alumni Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti ini. Obsesinya sekarang, bersama seluruh komponen di Summarecon, ia berupaya memuaskan semua stake holder: investor, pemegang saham, konsumen dan karyawan.

Berkat ketekunan, prestasi, dan loyalitasnya, kini ia menjabat sebagai Presiden Direktur perusahaan publik ini. Samsul

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat.
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan