BUMN Karya Bangun Infrastruktur Kepulauan Anambas

Rabu, 7 Mei 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan Kementerian BUMN mendapat kehormatan ikut membantu pengembangan infrastruktur di Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, daerah yang dikenal akan keindahan alamnya.

“Dua BUMN Karya, PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya siap terlibat membangun infrastruktur di Kepualaun Anambas,” kata Dahlan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas

Dahlan mengunjungi Natuna selama dua hari, 5-6 Mei 2014, bersama dengan Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswodarmawan, Direktur Utama PT Wijaya Karya Bintang Perbowo, dan Direktur Utama Hotel Indonesia Natour Intan Adam Katoppo.

Menurut Dahlan, Anambas memiliki potensi luar biasa yang bisa dikembangkan, tercermin nilai APBD per tahun yang mencapai Rp1,2 triliun.

“Saya bertemu dengan Bupati Anambas dan pejabat-pejabatnya. Mereka meminta BUMN Karya ikut terlibat langsung membangun infrastruktur jalan, pelabuhan termasuk bandara-bandara kecil,” ujar Dahlan.

Mantan Dirut PT PLN ini menuturkan, BUMN Karya dengan pengalaman yang dimiliki siap membangun infrastruktur sebagai prasarana pengembangan potensi ekonomi Anambas.

“Anambas terdiri atas 255 pulau. Luasnya tidak sebesar Pulau Natuna, tapi banyak pulau-pulau yang indah sekali. Untuk itu perlu dibangun jembatan ukuran pendek untuk menghubungkannya,” ujarnya.

Bahkan menurut Dahlan, keindahan Pulau Bawah di Anambas masuk kategori daerah tujuan wisata terbaik di Asia.

“Kalau semua infrastruktur dikembangkan, Anambas bisa disebut sebagai “Maldives”-nya Indonesia,” ujarnya.

Terkait dengan fasilitas jasa pariwisata seperti hotel dan resort, Dahlan mengatakan, sudah terlebih dahulu dimasuki oleh investor asing yaitu Perancis, Australia dan Amerika Serikat.

“BUMN Perhotelan sementara tidak perlu masuk, cukup BUMN Karya dulu,” ujar Dahlan.

Meski begitu ditambahkan Dahlan, yang juga penting adalah bagaimana Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM membuka Pos Imigrasi di Anambas.

“Pulau-pulau di Anambas berada di tengah lautan, sehingga sulit dikontrol para turis yang melancong ke wilayah itu,” ujarnya. Ant

 

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan