Bermain Motif Menghidupkan Suasana

Minggu, 15 Jun 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Apartemen Silkwood Residences adalah hunian vertikal pertama yang digarap PT Alam Sutera Realty Tbk dengan target pasar mahasiswa. Letaknya berdekatan dengan bakal kampus Binus University dan berseberangan langsung dengan mal Alam Sutera. “Kami melihat peluang untuk menampung mahasiswa daerah yang mencapai 35 persen dari seluruh mahasiswa baru di Binus,” kata Lilia Sukotjo, Direktur Pemasaran PT Alam Sutera Realty Tbk.

Interior ditata simpel namun penuh warna dan motif agar tidak terkesan sepi.

Di lahan 11,8 ha itu rencananya dibangun 4-6 menara apartemen setinggi masing-masing 20 lantai. Setiap menara terdiri dari 459 unit dengan kepadatan per lantai 24 unit dilengkapi empat lift. Apartemen didesain dengan void terbuka dan terang di bagian tengah yang mampu mengalirkan udara dan sinar alami ke koridor-koridor utama di dalam bangunan. Tidak seperti apartemen di tengah kota yang cenderung sempit, Lia mengklaim setiap unit apartemen dibuat lebih lapang sehingga tersedia cukup ruang untuk menampung meja belajar yang nyaman.

Unit yang ditawarkan mulai tipe studio 34,87 m2, 1 BR (bed room) 47,75 m2 dan 2 BR 64,4 m2 (semua luas semigross). Harganya Rp293 juta, Rp420 juta dan Rp540 juta. Konsep interior unit contoh apartemen ini disesuaikan dengan kelas mahasiswa yang umumnya masih lajang. Penataannya mengacu pada tema modern minimalis dengan paduan warna-warna netral dan aksen warna yang ceria. “Suasana sengaja diciptakan tidak terlalu sepi agar kesannya nggak dingin, apalagi tinggal sendiri,” kata Lo Rufina, Direktur Artistika Ragam Tata yang merancang interiornya. Berikut tampilan unit contoh 1 dan 2 kamar tidur yang bisa menginspirasi Anda. Halimatussadiyah

 

2 BR

Bermain Motif

Interior_Bermain Motif_#71

Kesan yang datar (plain) dan monoton tampak ingin dihindari dari penataan interior di unit contoh ini. Pewarnaan ruang dengan palet warna netral abu-abu muda dan putih tetap  diaplikasikan sebagai dasar untuk menciptakan kesan yang nyaman dan luas. Bermain motif dan warna-warni ceria kemudian dihadirkan juga untuk menghidupkan suasana. Aksentuasi motif terlihat menghias ruang makan yang menyatu dengan ruang duduk serta kamar tidur. Unit apartemen memiliki pintu masuk utama di sisi tepi bukan di bagian tengah. Ruang pertama yang ditemui setelah pintu masuk adalah ruang keluarga yang menerus hingga ruang duduk dan balkon. Di samping ruang makan terdapat deretan dua kamar tidur. Sedangkan di sisi kanan pintu masuk ditempatkan dapur yang menyambung dengan pintu menuju kamar mandi.

Flora

Interior_Bermain Motif_#71_2

Tema hitam dan putih yang biasanya tampil dingin dan kaku dilembutkan dengan pilihan motif flora pada kain pelapis sofa. Aksen yang sama juga dihadirkan pada bantalan kursi yang menghias single chair tanpa lengan berkaki rendah di samping. Meja rendah dengan kombinasi kaca bening dan kayu dilapis warna putih yang mengilap melengkapi di bagian tengah ruang. Tampak senada dengan meja samping di sisi sofa. Karpet persegi empat berwarna hitam di bawah meja berfungsi mencuatkan komposisi warna yang dinamis serta memberi batas visual. Tirai berbahan semi mengilap berwarna putih juga berperan memberi latar belakang yang cantik. Suasana ruang diperhangat dengan penempatan dua lampu dekoratif yang memancarkan sinar kekuningan.

 

Damask

Interior_Bermain Motif_#71_1

Tampilan simetris ruang makan ini dipermanis dengan hadirnya dinding berlapis wallpaper bermotif damask warna hitam di bagian tengah. Dinding lainnya dilapisi cermin yang disegmentasi dalam susunan bentuk persegi empat sehingga tampil dinamis. Area makan terlihat lega dengan susunan meja kaca transparan dan empat kursi berdesain simpel.

 

Daun

Interior_Bermain Motif_#71_3

Aksi motif daun berwarna merah marun mendominasi tampilan dinding kamar tidur utama. Kesan ruang terlihat ramai dan hidup. Tampilannya diimbangi dengan tirai polos berwarna abu-abu mengilap senada dengan tampilan headboard di atas kepala ranjang. Permainan motif juga terlihat pada desain lampu meja di kiri dan kanan ranjang. Kap lampu terbuat dari bahan logam yang ketika dinyalakan memendarkan motif flora.

 

Bunga

Interior_Bermain Motif_#71_4

Permainan motif bunga dalam palet warna biru muda dan pink muda membalut dinding kamar tidur anak ini memunculkan kesan yang ceria. Kursi meja belajar berwarna biru cerah berpadu dengan tirai berwarna turquoise yang sedikit menyolok. Sementara perabot lemari, ranjang dan meja dipilih berwarna putih yang netral. Perabot dibuat multifungsi untuk mengoptimalkan fungsi ruang. Ranjang didesain dengan laci penyimpanan bawah dan meja rias menyatu dengan lemari tanam di dinding. Peletakan cermin horizontal di sepanjang dinding memberi aksen menarik.

 

Interior_Bermain Motif_#71_6

Dapur memiliki dua kabinet di kiri dan kanan memanfaatkan dinding menuju pintu kamar mandi. Permainan laci-laci kabinet diselaraskan dengan konsep pewarnaan hitam dan putih.

 

Interior_Bermain Motif_#71_5

Kamar mandi bernuansa putih dilengkapi dengan rak-rak terbuka dan laci penyimpanan. Supaya terlihat luas dipasang kaca cermin yang besar.

 
Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan