Punya Rumah dan Mobil Ala Li Ka Shing

Senin, 30 Jun 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Punya gaji terbatas tidak berarti harus mematikan impian punya rumah dan mobil. Sebaliknya, dengan pendapatan terbatas itu dapat memacu seseorang mencari jalan agar impiannya terwujud. Li Ka Shing, taipan properti asal Hongkong, memberi pedoman untuk meraih cita-cita itu.

Bagi Li Ka Shing, dengan pendapatan Rp4 juta per bulan sudah cukup bagi seseorang untuk memiliki rumah dan mobil dalam waktu lima tahun. Li membagi Rp4 juta itu menjadi lima bagian. Pembagiannya, 30 persen (Rp1,2 juta) untuk biaya hidup sehari-hari, 15 persen (Rp600 ribu) untuk pendidikan, 10 persen (Rp400 ribu) untuk liburan, 25 persen (Rp1 juta) untuk investasi, dan 20 persen (Rp800 ribu) untuk biaya pertemanan.

li-ka-shing

Menurut Li, bagian terakhir tentang pertemanan sangat penting. Seseorang harus mengalokasikan biaya pergaulan untuk membangun jaringan (link). Mentraktir seseorang di restoran atau ngobrol dengan teman potensial yang memiliki wawasan luas di coffe shop adalah cara yang lazim untuk membuka wawasan dan merangsang kreatifitas.

Memanfaatkan dana liburan untuk pergi ke luar negeri dengan mengambil paket perjalanan murah juga membantu membangun rasa percaya diri. Kalau hal itu dilakukan secara kontinyu dalam lima tahun wawasan kita akan lebih terbuka.

Selanjutnya Li Ka Shing menyarankan untuk maksimalkan seluruh dana yang sudah dipilah untuk memacu dan mengembangkan diri kita dengan membeli buku maupun ikut kursus. Apabila semua itu sudah dijalankan, seseorang harus memanfaatkan 25 persen porsi dana investasi untuk modal awal membuka usaha kecil. Inilah titik awal kebangkitan, begitu usaha kecil ini menghasilkan sedikit uang, rasa percaya diri seseorang akan bertambah dan menjadi bekal pengalaman untuk terus mencetak keuntungan.

Seiring waktu kelima bagian ini akan membesar sehingga proporsinya bisa ditambah atau kurangi sesuai kebutuhan. Usaha yang tadinya kecil semakin membesar, bahkan bisa melahirkan usaha-usaha lain. “Kalau sudah begini kita bisa membeli rumah dan mobil dengan cara kredit ataupun tunai. Yang penting pilihan investasinya harus tepat dan menghasilkan keuntungan,” ujar Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, mengutip Li Ka Shing tentang pengaturan gaji, pada diskusi financial planner pekan lalu di Jakarta. Yudis

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan