Cairan Pembersih Untuk Aneka Material

Kamis, 3 Jul 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Untuk hasil terbaik gunakan cairan pembersih yang tepat untuk berbagai material di rumah.

Material dan perabot rumah yang terawat, selain sehat dan enak dipandang juga akan lebih awet. Peletakan yang tepat dan penggunaan yang proporsional adalah metode yang sering disarankan untuk perawatan, selain pembersihan rutin terutama pada ruang-ruang yang sering dipakai dan cepat kotor seperti kamar mandi dan dapur.

cairan pembersih ruangan

Tapi, yang juga tidak kalah pentingnya adalah pemakaian cairan pembersih yang tepat, karena rumah dan isinya terdiri dari aneka material. Mulai dari logam, kayu, plastik, kulit, kaca, sampai tekstil dan bahan sintetis. Memakai air dan sabun adalah cara paling mudah untuk membersihkan aneka material di rumah. Tapi, untuk bahan kayu, air + deterjen kurang bagus atau bahkan membuatnya cepat pudar dan rusak.

“Air sabun mengikis finishing kayu dan memengaruhi kelembaban kayu. Untuk mengembalikannya perlu proses pengeringan yang lama,“ kata Triatmaja Wardhanahadi, Senior Product Manager PT SC Johnson & Son (Indonesia) Ltd, salah satu produsen cairan pembersih. Sementara pada logam, air sabun sangat tidak memadai untuk mengembalikan kilapnya. Jadi, untuk bahan-bahan seperti itu kita perlu cairan pembersih khusus. Cairan seperti apa yang bisa dipakai untuk mengembalikan kilap dan kesegaran aneka material di rumah?

Kayu

Untuk permukaan kayu Johnson & Son menawarkan Pledge sebagai cairan pembersih. Triatmaja (juga produsen produk cairan lain) tidak bersedia menyebut bahan bakunya. Tapi, Pledge disebut memiliki lapisan silikon penolak air yang melindungi finishing kayu. Jadi, produk bekerja menyerap kotoran dan lemak tanpa membuat gores, sekaligus melapisi permukaan furnitur dengan hasil lebih bersih dan lebih berkilau.

“Bahkan, Pledge dapat menghilangkan goresan halus yang belum menembus kayu,“ katanya. Pledge bisa dipakai untuk semua jenis kayu baik yang dipelitur maupun tidak. Pemakaian secara teratur akan melindungi kelembaban kayu, dan mencegahnya dari kerusakan. Cara penggunaan mudah dan praktis, karena produk tersedia dalam bentuk cairan, minyak (oil), dan aerosol (busa).

 

Logam

Sementara untuk bahan logam yang cenderung kusam atau berkarat karena proses penumpukan kotoran dan oksidasi udara lembab, Johnson & Son melansir Kit metal polish untuk mengembalikan kilapnya. “Kit efektif membersihkan dan mengilapkan segala macam logam seperti krom, kuningan, perak, perunggu, aluminium, nikel, dan lain-lain, sekaligus melindungi dan mencegahnya dari karat dan korosi,“ katanya.

Yelly Erawan dari PT Reckitt Benckiser Indonesia (Brasso), menambahkan, bahan-bahan dari logam perlu dibersihkan secara berkala agar tidak cepat kusam dan berkarat. Ia menawarkan Brasso sebagai bahan pembersihnya. Tinggal digosokkan ke media yang akan dibersihkan dengan kain bersih. Di luar itu ada Autosol. Fenny TD, marketing PT Megasari, distributor Autosol, mengatakan pemakaian sebaiknya dilakukan begitu material logam mulai buram. “Untuk pemakaian yang aman, perhatikan petunjuk penggunaannya,“ ujarnya.

 

Kaca

Pada kaca masalah yang sering muncul adalah buram disertai bercak-bercak kerak air, debu, dan jamur. Membersihkannya relatif mudah. Gosokkan koran basah,  kemudian lap dengan kain kering. Tapi, untuk noda membandel cara itu tidak praktis. Gwenny Rumandor, Product Manager PT SC Johnson & Son (Indonesia) Ltd untuk Mr Muscle, S&F, Astri, dan Windex, menawarkan Mr Muscle sebagai solusi praktis pembersih kaca.

“Tinggal semprot dan bersihkan. Aromanya wangi, membunuh bakteri, dan mencegah debu menempel kembali,” ujarnya. Selain kaca, Mr Muscle juga efektif membersihkan semua permukaan dari keramik, krom, plastik, dan vinil pada jendela, lemari, meja, cermin, etalase, TV, komputer, termasuk bodi saklar lampu dan stop kontak. Produk tersedia dalam bentuk cairan (clear liquid) dan aerosol dengan formula khusus yang ramah lingkungan (tidak merusak lapisan ozon dan aman).

 

Elektronik

PT Johnson & Son juga menawarkan pembersih khusus untuk peralatan elektronik, Mr Muscle Clear Electronics dengan formula anti static yang membuat debu tidak mudah menempel. “Produk ini non sticky (tidak lengket) dan spo free (bersih dari kotoran), sehingga aman untuk membersihkan layar komputer, laptop, CPU, keyboard, TV, stereo set, telepon, fax, video/vcd player, dan segala macam disk,” jelas Gwenny.

 

Lantai, dapur, dan kamar mandi

Rangkaian produk Mr Muscle juga tersedia untuk segala jenis lantai: Mr Muscle Axi Keramik, Mr Muscle Axi Marmer, dan Mr Muscle Axi Triguna. Mr Muscle Axi Keramik plus polymer adalah pembersih khusus lantai keramik yang mengandung surfactant dan acrylic polymer: membersihkan dan membentuk lapisan pelindung dan mencegah kotoran melekat kembali.

Mr Muscle Axi Keramik

Kemasan isi ulang lebih murah

Sementara Mr Muscle Axi Marmer plus wax untuk lantai marmer dan granit. Wax-nya memberikan lapisan pelindung dari misalnya, gesekan sepatu dan benda lain. Sedangkan Mr Muscle Axi Triguna adalah pembersih semua jenis lantai yang dilengkapi disinfektan pembasmi kuman penyebab penyakit dan bau.

Untuk membersihkan dapur, terutama area di sekitar kompor yang biasanya sangat kotor, tersedia Mr Muscle Pembersih Dapur. Tinggal semprot, kotoran dan sisa minyak akan terangkat tanpa perlu dibilas. Kandungan lemon dan orange oil-nya sangat efektif dan menebarkan aroma wangi.

Anda juga bisa mencoba Wings Porcelein Cleaner untuk membersihkan permukaan porselen, keramik, mosaik, dan yang sejenisnya. Menurut Yosafat Wijaya, Product Manager PT Sayap Mas Utama, produsen Wings, penggunaan berkala akan membuat porselen selalu terlihat baru. “Wings Porcelain Cleaner sangat efektif membersihkan noda, kotoran berkerak, dan mengembalikan kilap porselen tanpa merusak warna dan motifnya,” katanya. Yudiasis Iskandar

Harga Sejumlah Produk Cairan Pembersih

Nama Kegunaan
Mr Muscle Axi Triguna Pembersih lantai
Mr Muscle Axi Keramik Pembersih lantai keramik
Pledge aerosol
Pledge liquid
Pembersih dan pelindung kayu
Wings Porcelain Cleaner Pembersih lantai porselen
Brasso Pengilap logam
Autosol Pengilap logam
Scotchgard leather protection Pelindung karpet
Scocthgard carpet protection Pelindung karpet
Scotchgard carpet cleaner Pembersih karpet

 

Untuk Kain, Kulit, dan Karpet

furniter kain

Untuk material dari kain, kulit, dan karpet Anda bisa mencoba produk pembersih dari PT 3M Indonesia. Antara lain Scotchgard Protection dan Scotchgard Cleaner. “Produk ini membersihkan sekaligus melindungi material dari kain, kulit, dan karpet,“ kata Fisabilli Detty Fadilla, Marketing Analyst Construction & Home Improvement Markets Division 3M.

Produk yang sangat praktis ini mengandung fluorochemical yang aman dan ramah lingkungan, yang berfungsi menahan minyak, air, dan kotoran agar tidak meresap ke dalam serat bahan. “Fluorochemical melapisi serat bahan tapi tidak menutup pori-porinya sehingga bahan tetap bernafas (breathable),” jelasnya.

Scotchgard Protector tinggal disemprotkan ke kain, jok, sofa, kulit, atau karpet yang terkena tumpahan cairan atau kotoran. Bahan pun lebih mudah dibersihkan. Bila terlanjur bernoda, gunakan Scotchgard Cleaner yang efektif mengangkat noda yang sudah meresap ke dalam serat bahan.

Tips Bahan Kayu

Cairan yang tumpah pada permukaan kayu dan dibiarkan cukup lama akan menimbulkan noda putih. Ini berarti terlepasnya lapisan finishing kayu. Bila cairan telah mencapai lapisan kayu, permukaan kayu akan melengkung dan mengelupas. Akan lebih parah bila cairan mengandung alkohol atau aceton.

web produk kayu

Karena itu untuk barang-barang rawan basah dan panas seperti gelas, mangkuk, vas bunga, peralatan masak, dan lain-lain, bila diletakkan di atas furniture kayu sebaiknya diberi tatakan atau alas. Sedangkan cairan yang tumpah segera keringkan dengan tisu atau kain lap, jangan digosok.

Sinar matahari bisa memicu perubahan kimia berupa retak-retak halus pada finishing furnitur kayu. Selain itu dapat membuat permukaan furnitur lebih kusam. Tinggi rendahnya kelembaban udara dan perubahan suhu dalam jangka panjang juga dapat mengakibatkan retak-retak halus. Karena itu atur posisi barang dari kayu agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Sementara abrasi dan gores dapat terjadi akibat pemakaian lap yang kotor, atau penggunaan bahan pembersih yang bersifat abrasif. Untuk itu saat membersihkan pastikan memakai lap yang bersih atau cairan kimia yang tidak merusak kayu.

Paint Remover

NgecetPager

Kadang kita harus merontokkan habis warna lama pada sebuah material, karena ingin menggantinya dengan warna yang baru. Dari seluruh proses pengecatan ulang itu, proses pengelupasan warna lama paling memakan waktu, tenaga, dan biaya. Karena itu penggunaan cairan yang tepat untuk membuang warna lama menjadi sangat penting.

Menurut Chandra Budiono dari Pacific Paint, sebuah perusahaan cat ternama, pengelupasan bisa dilakukan dengan cara diamplas atau digosok dengan cairan tiner. Tapi, ini butuh tenaga dan waktu yang lama. Belum lagi debunya. Cairan tiner juga kurang kuat merontokan cat. “Kami menawarkan Glotex paint remover untuk mempermudah proses tersebut,” ujarnya.

Caranya, cukup pulaskan Glotex paint remover ke media yang warnanya akan dirontokan seperti dinding, pagar, atau railing, tunggu 1 – 10 menit, cat lama pun akan terangkat. “Cat lama akan menggelembung atau keriput. Selanjutnya tinggal dirontokan dengan kape atau sikat besi,” katanya. Dengan menghilangkan warna lama, hasil pengecatan baru akan lebih maksimal. Cat lebih menempel di medianya. Sayangnya, belum ditemukan cairan yang bisa merontokkan cat atau pelitur pada kayu.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan