Kabinet Ringan Asal Jepara

Sabtu, 5 Jul 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Perabot kayu jati yang diproduksi masyarakat Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ini memiliki ciri khas ukiran yang berat dan rumit. Bahkan tidak jarang ukiran yang dituangkan di atas kayu yang berkualitas menjadikannya sebagai perabot yang bernilai seni tinggi dan banyak dikoleksi oleh para penyuka atau kolektor mebel klasik dan antik.

Namun seiring dengan gaya desain interior yang cenderung modern minimalis eberapa tahun terakhir, sebagian produsen perabot di Jepara juga mengikuti arus desain itu agar tidak ditinggal konsumen. Gaya perabot Jepara yang tadinya terlihat berat sekarang dibuat lebih ringan. “Gaya antik pada perabot tetap kami pertahankan meski ukirannya dikurangi. Jenis kayu yang dipilih masih kayu jati. Jadi, konsumen tetap bisa memperoleh perabot Jepara yang berkualitas dengan desain yang up to date,” kata Ahmad Syafii, pengrajin mebel asal Jepara dengan label produk S3tura-Tura yang mendapat binaan dari PT (Persero) Askes. Berikut karya-karyanya yang sempat dipamerkan di Indonesia Fashion World, Jakarta.

 

7372832_Perabot Jepara_#74

Untuk rumah dengan gaya interior klasik modern kabinet televisi berukuran 150 x 50 cm ini bisa menjadi pajangan. Bentuknya masih terkesan klasik meski tanpa ukiran. Hanya handel laci berbentuk kembang yang dipilih sebagai aksen klasik Yang menyolok adalah aksen bertekstur mirip motif macan yang menghiasi seluruh permukaan kabinet. Aksen dibentuk dari serbuk kayu yang diaduk dengan lem dan air, lalu dioleskan di atas permukaan perabot, kemudian di-finishing melamik.

 

7343832_Perabot Jepara_#74

Kabinet setinggi 1 meter dan lebar 80 cm ini memiliki 12 laci. Cocok bagi Anda yang senang menyimpan barang-barang kecil. Desain kabinet tergolong sederhana dengan hiasan bolong-bolong kecil pada permukaan kayu yang dibentuk dengan pahat. Dengan warna yang sangat terang kabinet bisa juga diaplikasikan untuk ruangan bergaya country.

 

7373622_Perabot Jepara_#74

Mengadopsi desain yang sama, kabinet kecil ini dihiasi dengan pegangan dan aksen lengkungan. Interior rumah akan terlihat cantik dengan kabinet yang bisa dipajang di pojok ruang ini.

 

7378482_Perabot Jepara_#74

Kabinet mungil dengan model handel unik berupa slot kayu seperti yang biasa dijumpai pada pintu kayu jaman dulu di rumah kakek-nenek. Tambah manis dengan sedikit ukiran pada tengah panel pintunya.

 

7393842_Perabot Jepara_#74

Bagi yang senang menerapkan perabot berbentuk unik, kabinet dengan lima laci ini mungkin bisa dipilih. Modelnya sederhana dengan lengkungan presisi. Agar ruangan makin semarak tambahkan vas bunga di atasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan