Tips Mudik Agar Tetap Aman dan Nyaman

Selasa, 22 Jul 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Mudik lebaran merupakan ritual tahunan yang memerlukan persiapan khusus untuk menjalaninya. Bukan hanya bekal, kesiapan fisik, dan alat transportasi yang harus disiapkan,  tetapi banyak hal yang harus diperhatikan apabila mau meninggalkan rumah menuju kampung halaman. Agar kita lebih tenang selama mudik, Kepolisian Polda Metro Jaya memberi panduan atau tips kepada anggota masyarakat yang akan meninggalkan rumah selama berhari-hari. Berikut ini tipsnya. Yudis

tips mudik
  1. Hindari hal-hal yang menunjukkan rumah kita kosong sehingga menarik perhatian orang jahat. Untuk itu minta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama rumah kosong. Kalau perlu letakkan beberapa alas kaki di depan rumah agar terlihat rumah seperti berpenghuni.
  2. Pasang alat sensor untuk lampu teras sehingga lampu menyala ketika gelap dan akan padam ketika suasana sudah terang. Lampu teras yang menyala terus menerus menunjukkan rumah sedang kosong.
  3. Titipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan rumah.
  4. Saat ini alat kamera CCTV harganya semakin terjangkau, kalau perlu pasang secara tersembunyi di beberapa titik sehingga kita tetap bisa memantau kondisi rumah selama mudik. Bila memungkinkan pasang juga alarm untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.
  5. Beri perhatian khusus pada perangkat listrik. Cabut semua steker terutama yang memiliki komponen kumparan seperti pompa air, kulkas, dispenser, setrikaan, dan lainnya. Bila ingin membiarkan kulkas hidup, isi kulkas seperlunya dan setting temperatur pada suhu terendah. Pastikan colokan atau steker kulkas mantap, tidak longgar atau goyang untuk menghindari elemen plastik memuai karena lompatan-lompatan arus listrik yang colokannya tidak mantap. Hal seperti ini yang kerap menimbulkan kebakaran.
  6. Cabut selang gas dari tabungnya, pastikan semua keran tertutup dan tidak ada yang menetes maupun bocor. Bila ada segera perbaiki dan ganti dengan yang baru.
  7. Buang seluruh sampah untuk menghindari serangga dan tikus, tutup seluruh bak dan penampungan air.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan