M Quraish Shihab Tiga Kunci Bahagia

Minggu, 27 Jul 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Sebagai ulama dan cendekiawan, Guru Besar Ilmu Tafsir Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta M Quraish Shihab (67) pandai membumikan pemahaman agama. Itu diperlihatkannya saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan apartemen Woodlandpark Residence di Kalibata, Jakarta Selatan, 17 Desember 2011, bersama Emil Salim (guru besar FEUI dan mantan Menteri KLH), AR Ramly (mantan Dirut Pertamina), RA Suhardani (istri mantan Menkop Bustanil Arifin), dan tokoh lain.

M Quraish Shihab

M Quraish Shihab

Apartemen di atas tanah 3,15 ha di sisi kantor Badan Intelijen Negara (BIN) itu dikembangkan PT Pardika Wisthi Sarana (Daniland Group) milik Emil Arifin, putra Bustanil Arifin (alm), dengan konsep green. “Lahan terbangun hanya 20 persen, selebihnya ruang terbuka hijau. Pohon-pohon yang ada yang sudah berusia 50 sampai 100 tahun dipertahankan. Yang terpaksa tergusur, kita pindahkan,” kata Emil Arifin. Ia kemudian meminta Quraish sebagai ulama sekaligus wakil para undangan memberikan tauziah terhadap proyeknya.

Menurut Quraish, pernyataan Emil memberinya kesan, Woodland memang diniatkan memberi hidup kepada yang tinggal. Hidup yang bukan sekedar bernafas tapi memiliki tiga hal: gerak (ruang gerak), rasa (kepekaan), dan tahu (pengetahuan atau setidaknya tahu diri). “Tiga hal itu merupakan kunci bahagia. Kalau tidak ada yang tiga itu, kita hanya bisa membeli bangunan tapi tidak mendapat rumah, kita bisa kawin tapi tidak memperoleh cinta, kita bisa punya ranjang tapi tidak tidur nyenyak. Semoga proyek ini bisa menghadirkan ketiganya, bukan hanya bagi penghuninya tapi juga kepada yang berkunjung,” tuturnya. Yoenazh

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan