Lima Menit Pasang Kran Sendiri

Sabtu, 9 Agu 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Untuk memasang fitting saniter seperti wastafel (basin mixer), kitchen tab atau sink (wadah pencuci di dapur), dan shower kita biasanya memanggil tukang. Padahal tidak sulit lho memasang kran sendiri. Hanya butuh lima menit, kran pun siap dipakai.

Lima Menit Pasang Kran Sendiri 2

Sebelum memasang atau mengganti kran, pastikan instalasi air seperti pipa sebagai jalur air ke kran sudah terpasang baik dan mati airnya. Setelah itu pilih tipe kran sesuai peruntukan. Ada kran untuk wastafel, sink, dan lain-lain. Model dan bentuknya beragam. Tinggal pilih sesuai selera. Di bawah ini contoh pemasangan kran wastafel keluaran Hansgrohe seri Status M untuk penggunaan air dingin dan panas. Desainnya sudah Do It Yourself (DIY) alias pasang sendiri. Ibu-ibu di rumah pun tidak kesulitan lagi memasang atau mengganti kran sendiri. Yuk, kita coba! Amalia M Roozanty

tips-memasang-kran-sendiri
  1. Keluarkan satu paket kran dan onderdil-onderdil kecilnya. Kran sudah terpasang dengan dua pipa air panas dan dingin. Onderdil berupa baut pengunci dan penahan yang masing-masing terbuat dari kuningan. Penahan pada kran berbentuk cincin berlubang satu, sedangkan pengunci berupa panel kecil sebesar jari kelingking.
  2. Masukkan kran yang sudah terpasang dengan pipa ke dalam lubang wastafel. Pastikan tak ada perangkat yang lepas.
  3. Dari bawah lubang wastafel masukkan cincin penahan melewati pipa hingga lubangnya bertemu dengan panel kuningan yang melekat di bagian bawah kran. Kemudian satukan panel dengan baut pengunci yang dipertemukan lewat lubang cincin penahan. Diameter panel kuningan yang sudah menempel pada kran lebih kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam panel pengunci.
  4. Setelah kedua panel bertemu, kunci panel kuningan bagian atas dengan cara memutar baut pengunci. Pastikan keduanya saling terkunci erat agar posisi kran tidak kendur.
  5. Pipa kran sudah terpasang. Tinggal menyambungkan kedua pipa air panas  dan dingin dengan instalasi air yang ada. Lima Menit Pasang Kran Sendiri.
  6. Kini kran siap dipakai. Mudah, bukan?

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan