Tips Teras Depan Rumah

Minggu, 17 Agu 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Teras depan sebagai ruang antara sebelum masuk ke dalam rumah, mungkin kini sudah banyak ditinggalkan. Namun, tidak salah jika Anda tetap menginginkannya. “Teras di belakang rumah terlihat lebih fungsional sekarang, sementara teras depan sudah agak jarang,” kata Religiana Hendarti, seorang arsitek di Jakarta. Teras depan dapat multifungsi dan memancarkan keakraban dari pemilik rumah, dilihat dari suasana yang tercipta. Ada teras yang dirancang untuk sarapan di pagi hari atau sekadar duduk-duduk di sore hari. Pemilihan perabot dan sistem penerangan di teras dapat disesuaikan dengan fungsi dan aktivitas penghuni. Teras yang dilengkapi kanopi panjang atau overstek atap yang lebar, bisa bermanfaat mengurangi panas sebelum masuk ke dalam rumah. Berikut tips mengolah desain teras depan yang mungkin cocok dengan Anda. Selamat mencoba!

Akrab di Teras Depan

Lapang dan Privat. Teras luas ini dapat difungsikan sebagai ruang penerima tamu sekaligus perluasan ruang dalam rumah jika diperlukan. Kesan lapang dan bersih diciptakan dari aplikasi warna-warna terang pada dinding dan pemilihan perabot bergaya modern. Teras dirancang sedikit lebih privat dengan dinding dari susunan bambu sebagai penghalang pandangan langsung dari luar. Pemilihan tanaman dalam pot yang ditempatkan di sisi area duduk memberi kesan rapi dan manis. (Lokasi: Rumah di Bintaro, Jakarta)

Akrab di Teras Depan 3

Mungil. Tak punya sisa lahan depan yang lapang? Anda tetap bisa membuat teras mungil dengan perabot minimal sesuai fungsi yang diinginkan. Hiasi dindingnya dengan detail menarik sebagai unsur dekoratif dan pemanis teras (Lokasi: Rumah di Pondok Pinang, Jakarta)

 

Akrab di Teras Depan 4

Alami. Teras bisa ditempatkan menempel dengan taman untuk menciptakan suasana yang alami. Tanaman merambat di muka teras bisa ditambahkan untuk menyejukkan pandangan dan memberi privasi. Perabot dari kayu berupa kursi ala Betawi dan lantai sederhana dari plesteran semen cocok melengkapi teras ini (Lokasi: Griya Mitra Insani)

 

Akrab di Teras Depan 2

Teras dengan Kolam. Teras bersanding kolam air dangkal bisa dirancang untuk bersantai di sore hari. Tempatkan kursi outdoor dari bahan sintesis yang tahan air dilengkapi sebuah meja rendah. Pilih warna-warna terang seperti putih untuk mengangkat kesan ceria dan ringan. Tempatkan tanaman hijau sebagai aksen menyegarkan (Lokasi: rumah GunHo)

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan