Heterogen

Senin, 18 Agu 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Heterogen . Ini salah satu ciri pasar properti . Datanglah ke pameran perumahan di JCC misalnya, Anda akan melihat resume produk properti di Jabodetabek. Amatilah. Sangat beragam! Sangat heterogen. Setiap pengembang mempunyai tema yang tersendiri, dan berbeda dengan pengembang lain. Antar-kawasan menyuguhkan konsep yang berbeda satu sama lain. Tipe besar, menengah, kecil menawarkan desain yang berbeda-beda. Dalam satu kawasan pengembangpun, jenis produk, dan konsep desainnya, berbeda-beda antartipe.

Bandingkan bila Anda ke pameran produk elektronik. Begitu Anda bisa memilih satu tipe produk, maka Anda akan menemukan produk yang sama persis – bentuk, ukuran, warna – di Bali, Jogja, Kalimantan, Irian Jaya, atau di mana saja. Untuk produk seperti ini, Anda dapat minta tolong sopir Anda untuk pergi membeli, asalkan Anda tulis tipe dan spesifikasi produk dengan jelas. Anda tinggal menunggu di rumah, dan akan menerima produk persis sebagaimana yang Anda inginkan.

Untuk membeli properti tolong jangan minta sopir Anda. Tidak ada dua properti di muka bumi ini yang sama persis. Bahkan untuk properti, rumah misalnya, dalam satu komplek yang sama, blok yang sama, tetap saja tidak ada dua rumah yang sama persis. Bentuk dan desain mungkin sama, tapi letak rumah, berjejer sekalipun satu dengan yang lain, mempunyai nilai berbeda untuk konsumen yang berbeda.

Ingat kembali ketika Anda memilih rumah yang Anda tempati sekarang. Kenapa dulu tidak memilih kaveling yang di sebelah Anda, atau di depan Anda. Banyak sekali pertimbangan sehingga Anda memutuskan memilih rumah kesayangan Anda sekarang ini.

Pasar properti yang heterogen ini berimplikasi pada penentuan harganya. Menentukan harga yang pas untuk sebuah properti menjadi tidak semudah menentukan harga produk elektronik. Jika Anda ingin membeli televisi dengan merek tertentu, tipe tertentu, Anda mendapati harga produk itu dalam range yang hampir sama di toko manapun di Jakarta. Properti tidak demikian. Pasar properti adalah jenis pasar yang cenderung tidak sempurna. Harga properti kadang tidak sama dengan nilai pasarnya. Atas properti yang sama, ada kemungkinan nilainya berbeda bagi individu yang satu dan yang lain.

Karena itu ada saran untuk Anda ketika membeli properti, rumah misalnya. Pilih hunian yang benarbenar sreg di hati. Apakah lokasinya relatif dekat dengan tempat Anda bekerja? Bagaimana dengan lingkungannya? Apakah cukup dekat dengan fasilitasfasilitas penunjang kehidupan Anda dan keluarga: pasar, pusat belanja, sekolah, rumah sakit, tempat hiburan keluarga, tempat ibadah? Begitu juga dengan faktorfaktor lain seperti ketersediaan sarana transportasi umum, jaringan telepon, listrik, air dan lain-lain faktor yang sesuai dengan pola hidup Anda? Apakah tidak bertentangan dengan gaya hidup Anda? Apakah pola hidup calon tetangga Anda membuat Anda merasa nyaman? Atau sebaliknya, terancam?

Disarankan, sebelum Anda benar-benar menentukan pilihan lokasi hunian Anda, lakukan survei sederhana: cobalah datangi lokasi itu pada pagi hari, rasakan denyut kehidupan warga perumahan itu, apakah calon tetangga Anda adalah warga yang terbiasa bangun pagi atau sebaliknya mereka baru mulai beraktifitas setelah jam 11 siang. Tetangga dengan pola aktifitas seperti apa yang membuat Anda nyaman?

Survei juga kehidupan calon tetangga Anda pada malam hari. Alangkah menyesalnya Anda jika sudah terlanjur memilih sebuah hunian, ternyata aktifitas malam tetangga Anda baru berakhir pukul dua malam setelah puas membunyikan musik berdentum-dentum, padahal semula Anda mengharapkan sebuah hunian yang tenang.

Anda mungkin tersenyum membaca saran-saran saya tadi. Pasti banyak yang berpendapat saran-saran tadi berlebihan. Tetapi jika mengingat rumah yang akan Anda beli adalah hunian yang akan Anda tempati sepanjang hidup Anda, maka rasanya survei kecil seperti itu akan banyak manfaatnya. Heru Narwanto

 

Sumber bacaan:

  1. Donald J Trumo, 2004, TRUMP Think Like a Billionaire , Ballantine Books, New York.
  2. Appraisal Institute, 2001, The Appraisal of Real Estate, 12th edition, Appraisal Institute, Illinois

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan