Cara Tepat Membersihkan Rumah

Sabtu, 23 Agu 2014 |

Kebersihan rumah harus dibarengi kualitas perawatan yang tepat dan perilaku penghuni yang sehat.

Housing-Estate.com, Jakarta - Orang Indonesia termasuk rajin bersihbersih rumah, sehari minimal dua kali. Itu yang diamati Risyantie Wulansari, Brand Manager Sunlight, produk pencuci piring dari PT Unilever Indonesia Tbk. “Kebersihan melekat dengan budaya kita, apalagi kalau akan ada tamu yang datang ke rumah, bisa dilakukan special touch up,” katanya. Tapi, soal bersih-bersih, menurutnya tidak hanya kuantitas yang perlu diperhatikan, tapi juga kualitasnya harus baik dan benar agar rumah bersih sempurna.

Keampuhan produk pembersih harus didukung perilaku penghuni yang sehat dan senantiasa menjaga kebersihan. Seringkali penggunaan produk pembersih tidak sesuai dengan peruntukannya sehingga tidak efektif membersihkan. Ia menyarankan agar selalu membaca petunjuk penggunaan yang umumnya tertera di belakang kemasan. Perilaku yang cermat akan berdampak juga pada penghematan penggunaan produk dan pengurangan limbah buangan pada lingkungan. Nah, libur Lebaran nanti saat asisten rumah tangga mudik, yuk praktikkan bersih-bersih rumah yang tepat! Halimatussadiyah

DAPUR

Cara Tepat Membersihkan rumah _ Rumah Sehat #97 2
  • Perhatikan area cuci dan masak di dapur, bersihkan selalu dari minyak dan kotoran yang menempel. Gunakan cairan pencuci.
  • Pastikan lubang pada tempat mencuci piring (sink) selalu bersih dari sampah yang menyumbat. Jika sink terbuat dari logam, pilih produk pembersih yang mengandung mikro partikel untuk mengangkat nodanoda kerak sabun dan mampu merawat permukaan logam tetap mengilap
  • Gunakan cairan pembersih khusus untuk mencuci piring. Cairkan produk pembersih dengan air sesuai takaran yang dianjurkan. Rendam sabut atau busa pencuci piring dalam cairan pencuci piring anti bakteri sedikitnya enam jam setiap selesai dipakai agar tetap higienis dan tidak menjadi sarang kuman.

KAMAR MANDI

Cara Tepat Membersihkan rumah _ Rumah Sehat #97 3
  • Lantai yang ditutup keramik terhitung lebih higienis daripada lantai plesteran semen saja. Keramik mengandung glasur yang menjamin permukaan tidak banyak menyimpan debu dan menyerap kotoran.
  • Gunakan cairan pembersih khusus lantai yang mengandung karbol untuk mematikan bakteri pada lantai di kamar mandi. Pastikan cairan pembersih tidak merusak permukaan atas keramik atau porselen.
  • Bersihkan lubang toilet dengan cairan pembersih khusus yang bisa menjangkau seluruh bagian dan tidak mematikan bakteri yang diperlukan untuk proses pengolahan limbah.

PERABOT

Cara Tepat Membersihkan rumah _ Rumah Sehat #97 4
  • Desainer interior Quartanti D Djojowijoto dari Damaska Tata Desain, menyarankan pemakaian material pembungkus sofa dan bantalan kursi dari kulit sintetis (Oscar) atau microsuede yang memiliki permukaan anti air dan lebih sedikit menyimpan debu. Perawatannya cukup dilap dengan kain lembab. Permukaan kain biasa lebih berpori dan lebih sulit dibersihkan jika terkena noda karena mudah menyerap air dan debu. Kain harus disikat dengan air sabun dan dikeringkan dengan sempurna.

 

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan
  • http://sapubersih.id Sapu Bersih

    Untuk Anda yang tinggal di kota Bandung, kami dapat membantu Anda menyelesaikan masalah kebersihan rumah, apartemen, kantor, pabrik, dan ruang lainnya.

    Sapubersih.id
    T 02287801732
    WA 081299115115
    BBM 5EA4844A
    LINE sapu.bersih

    http://sapubersih.id

  • http://gradeshomecleaning.com/ Grades Home Cleaning

    semakin banyaknya kebutuhan akan home cleaning membuat bermunculannya perusahaan2 home cleaning di berbagai kota besar seperti jakarta, medan, bali, surabaya dan cleaning service bandung