Cat Berbahan Silikon, Lebih Kuat dan Tahan Lama

Minggu, 7 Sep 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Cat (coating) punya dua fungsi sekaligus, sebagai pewarna dan pelindung dinding. Konsumen dapat memilih sesuai selera dan dan tingkatan kualitasnya. Pasalnya di pasaran cukup banyak ragam cat yang dapat dipilih dengan daya tahan bervariasi. Salah satunya cat dengan tambahan bahan (adding material) silikon.

Menurut Chris Wall, Global Segment Leader Coatings and Leader Dow Corning, produsen silikon asal Amerika, kandungan silikon bisa membuat cat lebih tahan lama (long lasting), mudah dibersihkan, serta lebih tahan air dan panas (heat resistant). “Lapisan permukaannya lebih licin dan elastis sehingga lebih tahan terhadap keretakan permukaan,” katanya kepada pers pada ajang Asia Pacific Coating Show (APCS) 2014 yang berlangsung di Jakarta, 3-5 September 2014.

cat-silikon

Industri silikon saat ini juga kian berkembang dengan pesat. Penggunaan produk dari material pasir kuarsa (quartz) ini cukup luas, misalnya untuk lapisan solar panel, lapisan anti gores pada gadget layar sentuh, peralatan masak (ccoking utensil), hingga produk kosmetik.

Cat minyak yang menggunakan silikon akan menempel lebih kuat sehingga tahan terhadap perubahan cuaca. Chris menjelaskan, komposisi silikon yang digunakan melalui proses uji agar sesuai kebutuhan serta aman bagi kesehatan dan lingkungan. Cat yang lebih ramah lingkungan diproduksi untuk menyesuaikan dengan aturan dan tren pasar. Chris mengatakan, produk cat berbasis air (water based) menguasai pangsa pasar 52 persen di seluruh dunia.

Di APCS Dow Coarning mengenalkan cat dengan bahan silikon yang memberikan beragam manfaat, seperti tahan UV, goresan, dan adhesi. Selain itu ada resin silikon untuk menambah kekuatan pada suhu ekstrim, kelembaban, korosi, pelapukan, termasuk aplikasi dengan suhu tinggi. Untuk sementara Dow Corning belum diproduksi di Indonesia, pabriknya ada di Amerika, Eropa, dan Cina. Diyah/Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan