Membuat Material Kaca di Rumah Bersih dan Kinclong

Minggu, 21 Sep 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Dulu material kaca digunakan sebatas pada jendela dan media reflektor (cermin). Seiring perkembangannya, penggunaan produk kaca semakin luas, misalnya untuk elemen interior dan eksterior bangunan.

Kaca juga banyak digunakan untuk partisi dinding karena materialnya yang tipis tidak memakan banyak ruang. Karena itu partisi kaca sangat cocok diterapkan untuk hunian kompak dengan luasan terbatas seperti apartemen. Kaca juga banyak digunakan sebagai lapisan furniture, seperti meja, kitchen set, dan lainnya sehingga tampilannya lebih ekslusif.

tips kaca

Menurut Agtinus, Division Head Glass Product PT Himalaya Sinar Abadi, agar tampilan kaca selalu baik satu-satunya cara adalah dengan rajin membersihkannya untuk mencegah kotoran mengendap, tumbuhnya jamur, dan stain. “Kalau sudah begini membersihkannya jadi lebih sulit dan harus menggunakan bahan chemical,” ujarnya kepada housing-estate.com belum lama ini di Jakarta.

Penggunaan untuk partisi kamar mandi harus lebih rajin lagi pembersihannya terutama di bagian bawah. Bagian ini  mudah tumbuh jamur karena endapan air dan sabun. Idealnya, setiap selesai mengggunakan kamar mandi partisi kaca harus dikeringkan.

Ada juga istilah online dan offline untuk kaca-kaca yang menggunakan warna. Online merujuk pada warna kaca yang pewarnaannya diproses bersamaan dengan produksi kacanya sehingga warnanya lebih menyatu. Offline memberikan pewarnaan (coating) pada kaca yang sudah jadi sehingga tidak sperti online, kaca offlinemaintenance-nya harus lebih seksama dan lebih sering dibersihkan untuk ketahanan warnanya.

Pembersihan paling bagus menggunakan kertas koran karena menyerap air. Yang menyulitkan kalau posisi kacanya tinggi sehingga harus memakai alat atau tangga. Penggunaan cermin di kamar mandi alasnya sebaiknya tidak menggunakan triplek karena bahan ini  kalau di tempat lembab mudah lapuk. Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan