Tri Mumpuni Listrik Rakyat untuk Rakyat

Jumat, 26 Sep 2014 |

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Sosok perempuan kelahiran Semarang yang disapa Puni ini mungil, tapi semangatnya luar biasa. Tercemin dari gaya bicaranya yang lugas. Prestasinya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) secara swadaya di 60 desa terpencil di Indonesia, mengantarkannya meraih berbagai penghargaan nasional dan global. Termasuk pujian langsung dari Presiden AS Barack Obama dalam pidato di Presidential Summit on Entrepreneurship di Washington DC, pertengahan 2010.

tri mumpuni

Puni (46) bersama sang suami Iskandar Budisaroso Kuntoadji melalui Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) yang dibentuknya tahun 1992, rajin mendatangi daerah-daerah yang belum terjangkau PLN, guna membuat PLTMH bersama masyarakat. Sekitar 30.000 desa belum diterangi listrik, termasuk daerah terdekat dari Jakarta seperti Cianjur Selatan, sebagian Sukabumi dan Garut. Ia kerap harus naik kuda atau mobil off road untuk menjajaki daerah-daerah itu.

“Kita datangi satu per satu untuk membangun kepedulian dan rasa memiliki. Syaratnya mereka mau dilatih dan bekerja mengumpulkan resources berupa pasir, batu kerikil dari sekitar lokasi, baru diberi listrik,” kata alumni Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian IPB itu. Pasokan listrik dari PLTMH sebesar 500 W cukup menerangi 10 KK. Pengelolaan listrik selanjutnya dibiayai masyarakat.

Menurutnya, program berbasis masyarakat lebih berkelanjutan dibanding kekuatan uang. Untuk beberapa proyek terakhir, Puni bekerja sama dengan industri dan organisasi nirlaba membiayainya. Ia sedang berkonsentrasi mengembangkan listrik swadaya di kawasan timur Indonesia dan selatan Pulau Jawa. “Jadi, ini benar-benar listrik dari rakyat untuk rakyat,” katanya usai menjadi pembicara dalam diskusi peluncuran produk baru LCD TV Toshiba di Jakarta awal Januari. DIYAH

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan