Ayu Utami Rumah Tanpa Pembantu

Jumat, 3 Okt 2014 |

Housing-Estate.com, Jakarta - Novelis Ayu Utami ( 42) sangat perhatian terhadap pembantu rumah tangga. Ia melihat banyak sekali rumah real estate yang tidak menyediakan kamar yang layak bagi pembantunya. “Kamarnya sangat kecil, kayak naruh pembantu dalam lemari. Itu mengerikan sekali,” katanya usai menjadi moderator dalam konferensi “Permeable Edges: Reciprocities for Dwelling” yang merupakan rangkaian pameran Opencity di Erasmus Huis, Jakarta, Oktober lalu.

sosok - Ayu Utami

Pengarang novel “Saman” dan “Larung” itu sendiri mengalokasikan kamar pembantu seluas 3 x 2,5 m2 di rumahnya di Utan Kayu, Jakarta Timur, kendati kemudian ia memutuskan tidak memakai pembantu karena hanya tinggal berdua dengan rekannya. Ia merasa keberadaan pembantu bisa mengurangi privasinya, kecuali ia menemukan pembantu yang bisa diperlakukan seperti rekan.

“Saya nggak suka jadi diktator, menyuruh ini-itu. Saya ingin egaliter, bisa memperlakukan pembantu sama dengan kita. Dan, itu nggak gampang,” kata Sarjana Sastra UI itu. Perempuan yang kerap berdiskusi tentang kota dengan para arsitek itu juga tidak risih rumahnya bertetangga dengan bedeng-bedeng tukang permak baju keliling. Satu yang menyusahkannya karena tak ada pembantu: jika ada kiriman saat tak ada orang di rumah. Karena itu Ayu menumpang alamat di Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta, yang rutin disambanginya. Diyah

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan