Panasonic AC Inverter Econavy Mendinginkan Dengan Sensor

Sabtu, 11 Okt 2014 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Dari seluruh piranti elektronik di rumah, mesin pengondisi udara (air conditioning-AC) adalah perangkat yang paling besar konsumsi listriknya. Seiring perkembangan teknologi, pabrikan elektronik terus mengembangkan AC yang makin hemat energi. Mulai dari yang low wattage, dilengkapi teknologi inverter, sampai yang terbaru AC dengan teknologi Econavy dari Panasonic.

gmp ac panasonic

“Dengan teknologi Econavy, hembusan dingin bisa fokus pada manusia dan pergerakannya. Kalau teknologi inverter bisa menghemat listrik 50 persen, dengan Econavy bisa irit lagi 30 persen,” ujar Heribertus Ronny, Manager Product AC PT Panasonic Gobel Indonesia, saat launching produk ini akhir Februari di Jakarta. AC Inverter Econavy dengan sensornya akan membaca jumlah orang dalam ruangan untuk mendeteksi lokasi yang butuh pendinginan langsung pada obyek, sehingga bagian lain di ruangan tidak terlalu dingin.

Dengan cara itu suhu AC akan fluktuatif tergantung aktivitas orang di ruangan. Bila aktivitasnya tinggi, suhu akan dingin, dan naik bila aktivitas mengendur. Kalau ruangan kosong dari orang, suhu AC meningkat bertahap secara otomatis hingga dua derajat celcius dalam waktu dua jam. Aktivitas bukan orang tidak diperhitungkan teknologi AC ini. Panasonic bekerja sama dengan Balai Besar Teknologi Energi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TE-BPPT) untuk menguji keandalan produk. Hasilnya, AC ini lebih irit listrik dibanding

AC inverter biasa. “Produk ini diluncurkan sejalan dengan visi 100 tahun Panasonic Corporation, tahun 2018 menjadi green company nomor satu di industri elektronik,” ujarnya. Panasonic melansir sekaligus 18 model AC untuk semua segmen dengan refrigeran R410A ramah lingkungan (non cloro fluoro carbon/CFC). Harganya Rp4,5–5 juta/unit (1 PK).

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan