Juara Sayembara Desain HousingEstate-KBP Diumumkan

Kamis, 16 Okt 2014 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Majalah HousingEstate untuk keempat kalinya menggelar sayembara desain rumah untuk kalangan mahasiswa dan arsitek profesional. Sayembara Desain Rumah 2014 kali ini diselenggarakan dengan menggandeng PT Belaputra Intiland, pengembang perumahan Kota Baru Parahyangan di Padalarang Barat, Bandung Barat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tujuan lomba kali ini untuk mencari gagasan kreatif dan inovatif tentang rancang bangun rumah tinggal sesuai konteks lingkungan.

“Intinya rancangan rumah harus memenuhi kriteria sehat, nyaman, aman, dan dapat dikembangkan secara missal, selain memenuhi nilai estetika dan harus layak jual,” ujar Redaktur Majalah HousingEstate, Halimatussadiyah, yang juga anggota tim juri di sela-sela acara pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang di Jakarta, Kamis (16/10).

Peserta sayembara dapat satu dari dua tema yang sudah ditentukan panitia. Pertama, “Rumah Tepi Danau” dengan tapak kaveling down slope (melereng) di Tatar (cluster) Kumalasinta dan kaveling flat (landai) di Tatar Titiswari. Kedua cluster tersebut bagian dari pengembangan Kota Baru Parahyangan (KBP). Panitia menerima 651 pendaftar terdiri dari 398 mahasiswa (37 karya) dan 254 profesional (82 karya). Penjurian berlangsung dalam beberapa tahap sejak pertengahan September 2014.

Suasana Penjurian Tahap Dua Lomba Desain Rumah 2014

Suasana Penjurian Tahap Dua Lomba Desain Rumah 2014

Hingga penjurian tahap dua tim juri memilih tiga besar pada masing-masing kategori. Penentuan juara 1,2, 3 didasarkan pada hasil presentasi peserta pada Kamis (16/10) di Jakarta menjelang pengumuman juara dan penyerahan hadiah yang berlangsung di Financial Hall, Graha Niaga, Jl Jend Sudirman Jakarta.

Tim juri sayembara Desain Rumah 2014 terdiri atas empat orang, yakni Baskoro Tedjo (arsitek senior dan staf pengajar Departemen Arsitektur ITB), Irianto PH (Antara Design Jakarta), Sugiharto (Head of Planning and Design KBP), Achmad D. Tardiyana (Urbane Bandung), dan Halimatussadiyah.

Penyerahan trofi dan hadiah kepada pemenang Lomba Desain Rumah 2014 Kategori Arsitek Profesional

Penyerahan trofi dan hadiah kepada pemenang Lomba Desain Rumah 2014 Kategori Arsitek Profesional

Pemenang 1 – 3 kategori profesional mendapatkan tropi, sertifikat, dan hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp35 juta, Rp20 juta, dan Rp10 juta. Sedangkan pemenang 1 – 3 kategori mahasiswa mendapatkan tropi, sertifikat, dan hadiah uang tunai masing-masing Rp17,5 juta, Rp10 juta, dan Rp7,5 juta. Selain itu Majalah HousingEstate juga akan memuat secara berseri 10 karya terbaik dalam lomba desain ini mulai edisi November 2014.

 

Berikut pemenang Sayembara Desain 2014

Pemenang Kategori Profesional Asal Tema/Judul Karya
Juara 1
Sianne Juliana & Lucky Prasetyo
Bandung Rumah Nusantara
Juara 2
Basuki Firmanto
Tangerang Rumah Tempo Dulu
Juara 3
Fenty Anggreta & Basuki F
Tangerang Rumah Tepi Danau
Pemenang Kategori Mahasiswa Asal Tema/Judul Karya
Juara 1
Steve Aditya Soesanto

Teguh Risnandar Utama

Lucky Fachrurrozi

Universitas Parahyangan Bandung Rumah Titiswari
Juara 2
Estevantra Sunandirjaya

Wendy Setia Herdian

Yeriel Johan

Universitas Parahyangan Bandung Griya Tirta Wedari
Juara 3
Nikita Stephanie Marisca

Gavin Adi Sugiri

Universitas Parahyangan Bandung The Lakeshore

 

Editor: H. Prasojo
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan