Bersihkan Sampah Pesta Rakyat, Pemprov Kerahkan 1.000 Petugas

Rabu, 22 Okt 2014 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pesta rakyat mengiringi pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) yang dipusatkan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Senin (20/10), meninggalkan ratusan ton sampah. Untuk membersihkan sampah tersebut Dinas Kebersihan DKI mengerahkan 1.000 petugas kebersihan .

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Saptastri Eidiningtyas, mengatakan, pembersihan sampah tersebut sudah dilakukan ketika acara masih berlangsung. Petugas kebersihan dibagi dalam tiga shift didukung 22 truk sampah.

sampah pesta rakyat di Monas

sampah pesta rakyat di Monas

“Pembersihannya tidak menunggu pestanya selesai, tapi sejak masih berlangsung sudah mulai dibersihkan. Kami menurunkan 1.000 petugas kebersihan dan hingga saat ini sampah yang terangkut sudah 100 ton,” ujar Saptastri kepada pers, Selasa (21/10).

Seratus ton sampah tersebut dikumpulkan di sepanjang Jl Jend Sudirman, MH Thamrin, hingga Monas sejak dari pagi hingga tengah malam. Seluruh sampah yang terkumpul langsung dibawa ke TPA Bantar Gebang, Bekasi. Saptastri menyesalkan ketidakdisiplinan masyarakat menjaga kebersihan  sehingga sampah yang ditinggalkan mengotori sepanjang jalan protokol Jakarta.

Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) mengatakan akan mengambil tanggungjawab pembersihan sampah di kawasan Monas. “Pekerja kami sudah all out, kita utamakan pembersihan di sepanjang Jl Jend Sudirman dan Thamrin terlebih dulu,” katanya.

Ahok bersedia mengambilalih tanggung jawab karena acara pesta rakyat tersebut  spontanitas dari masyarakat tanpa ada panitia penyelenggara. “Acara itu kebanyakan (digerakkan) oleh relawan, kita susah minta tanggung jawab mereka. Kita belajar waktu demonstrasi di KPU, ada taman yang rusak, kita menagih parpol untuk melakukan perbaikan taman susah, apalagi ini sama relawan,” ujarnya.

Editor: H. Prasojo
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan