Air Terjun Sri Gethuk, Natural dan Eksotis

Selasa, 11 Nov 2014 | Penulis: Prasojo

Housing-Estate.com, Jakarta - Gunung Kidul, DI Yogyakarta, menyimpan eksotisme alam yang layak dinikmati. Salah satunya Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini sepanjang musim selalu menyuguhkan atraksi dan pesona yang tiada henti. Lokasinya di Desa Wisata Bleberan Gunung Kidul. Obyek wisata ini tergolong baru sehingga masih sangat alami.

Air-Terjun

Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret dan ada juga yang menyebut Air Terjun Sompret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda di Desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air tejun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Konon,  air terjun tersebut adalah tempat menyimpan gethuk (salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro) sehingga air terjun ini dikenal dengan sebutan Air Terjun Sri Gethuk. Konon lagi setiap waktu tertentu masyarakat sekitar masih sering mendengar suara gamelan dari arah air terjun.

Air terjun Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air ” kedung poh ” , ” ngandong” dan “ngumbul”.  Ketiga sumber mata air tersebut mengalir menjadi satu dan membentuk butiran butiran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst yang terkenal tandus.

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan