Pemerintah Siapkan Rumah Untuk PNS

Rabu, 19 Nov 2014 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemenuhan perumahan bagi pegawai negri sipil (PNS) menjadi salah satu perhatian pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini terungkap dalam pertemuan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Keduanya membahas pembangunan rumah murah bagi PNS dan infrastruktur di kawasan perbatasan. Untuk itu kedua kementrian sudah bersepakat planning pembangunan perumahan yang akan direalisasikan dalam jangka pendek hingga penjang.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera)

“Kami berdua sudah sepakat untuk terus menjalin komunikasi terkait percepatan pembangunan hunian bagi PNS dan pembangunan kawasan perbatasan khususnya di wilayah Papua, NTT, dan Kalimantan. Semoga dalam lima tahun hasilnya akan kelihatan,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Kantor Kementerian PU-Pera, Jakarta, Selasa (18/11).

Pembangunan perumahan murah untuk PNS itu akan dilaksanakan oleh Perumnas. Mengenai anggaran yang dibutuhkan Perumnas untuk menjalankan program ini, Basuki dalam kesempatan tersebut berjanji untuk terus mem-follow up. Skema pembiayaannya diharapkan dapat membantu kalangan PNS memiliki rumah dengan cicilan sangat murah.

“Ini masih pertemuan awal, nanti teknisnya akan dibahas oleh (pejabat) eselon satu. Yang pasti untuk target 2015 pembangunan perumahan di perbatasan tersebar di 187 kecamatan di Aceh, Kalimantan, Papua, dan NTT. Jumlahnya 1.000 unit dan akan ditambah lagi menjadi 2.500 unit,” imbuhnya.

Untuk pembangunan jalan paralel di perbatasan, tahun lalu sudah dimulai pembangunan sepanjang 1.700 km dari Kalimantan Barat-Kalimantan Utara-Kalimantan Timur. Menurut Basuki, pembangunanya akan dipercepat, termasuk pembangunan tujuh pos terpadu di perbatasan, dan penyediaan air bersih di pemukiman.

Editor: H. Prasojo
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan