Agar Parket Tidak lecet

Senin, 1 Des 2014 | Penulis: Amalia

Housing-Estate.com, Jakarta - Lantai kayu atau parket (parquet) makin populer dipakai di banyak hunian di perkotaan bukan hanya karena memberi kesan hangat pada ruang, tapi juga karena harganya kian terjangkau, terutama parket jenis laminasi yang terbuat dari serbuk kayu dicampur plastik, dan engineered parquet dari paduan kayu lapis dan kayu solid. Jamaknya setiap jenis penutup lantai, perlu dirawat supaya tetap tampil menarik. Terlebih parket, penggunaan dan perawatannya perlu lebih seksama.

parket

Menurut Stefanus, pemilik showroom Lantai Kayu Sejati yang banyak memasok parket di Jakarta, pemeliharaan lantai kayu sebenarnya tidak sulit. “Sama dengan membersihkan lantai keramik. Cukup rutin disapu dan dipel,” katanya. Apalagi lantai kayu yang beredar di pasaran saat ini rata-rata sudah dilengkapi lapisan UV (ultra violet) prefinishing yang memberinya ketahanan lebih tinggi terhadap gores dan noda cair (kecuali cat), sehingga lebih awet, warna bertahan lebih lama, tidak bau, dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Pelapisan (coating) diterapkan pada semua jenis parket. Coating engineered dan laminated parquet sudah dilakukan sejak di pabrik. Sedangkan pelapisan lantai kayu solid ada yang dilakukan di pabrik, ada juga yang manual. Hanya saja perlakuan yang lebih seksama dan perawatan berkala tetap diperlukan. Misalnya, lantai harus segera dilap bila ketumpahan cairan. Kaki perabot yang diletakkan di atas lantai parket sebaiknya dipasangi karet. Penggunaan perabot yang berat dan alas kaki tajam seperti sepatu high heel juga harus dihindari. Berikut tips Stefanus agar lantai parket tidak kusam.

 

Laman: 1 2 3 4 5

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan