Nigeria Bangun Sekolah Terapung

Jumat, 19 Des 2014 | Penulis: Prasojo

Housing-Estate.com, Jakarta - Sekolah Terapung Makoko adalah sebuah proyek inovatif yang dibangun oleh komunitas air Makoko di Lagos, Nigeria. Proyek ini didukung oleh NLÉ, sebuah organisasi kolaboratif dengan misi untuk memberikan perubahan dan pengembangkan arsitektur kota. Proyek ini bertujuan membuat bangunan terapung yang dirancang untuk memberikan fasilitas pendidikan lingkungan bagi anak-anak.

Unik Sekolah Terapung di Nigeria2

Struktur arsitektur bangunan dibuat bertingkat dengan tiga lantai.  Bentuk bangunannya seperti prisma segitiga yang akan mengapung di atas air dengan dasar bangunan terbuat dari 256 drum plastik. Konstruksi mengambang dibuat dari kayu lokal, bertenaga listrik dengan panel surya dan mampu menampung 100 siswa.

Untuk sementara, generasi pertama dari bangunan sekolah terapung ditujukan sebagai pusat pendidikan. Proyek ini telah membuka sebuah babak baru dalam desain arsitektur yang dapat diterapkan bagi masyarakat tidak mampu.

Contoh dalam hal ini adalah masyarakat di Makoko dan merupakan sebuah solusi bagi urbanisasi. Karena memiliki konsep ramah lingkungan (green), setiap bangunan dibuat lebih terjangkau dan menghemat biaya. Selain itu, proyek ini merupakan solusi bagi perubahan iklim yang mengakibatkan naiknya permukaan laut.

Sumber : mobgenic,  NLÉ: Website

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan