LV Truss Rangka Atap Kayu Ekonomis

Minggu, 4 Jan 2015 | Penulis: Diyah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Pilihan menggunakan rangka atap kayu yang makin mahal dan sulit didapat, mendorong PT Anugrah Karunia Alam (AKA) menawarkan produk terbaru LV Truss, rangka atap (truss) dari bahan kayu dengan harga ekonomis. Rangka berbahan LVL (laminated veneer lumber), yaitu kayu olahan dari beberapa lapisan kayu yang dirakit dengan perekat menjadi bahan komponen struktural pengganti kayu solid. Untuk itu AKA didukung material dari Samko Timber, produsen kayu olahan (engineered wood) sejak 1978. LVL diproduksi dari kayu hutan rakyat dan industri yang dapat diperbaharui sehingga ramah lingkungan. Jenis kayu lokal yang digunakan dari pohon sengon dan karet yang pertumbuhannya relatif cepat.

rangka atab ltv

Keunggulan material, kadar air kurang dari 14% sehingga siap digunakan tanpa perlu pengeringan lagi, kadar emisi formalin rendah sesuai standar JAS (Japan) dan CARB (USA), fleksibel, anti serangga dan jamur serta akurat dalam ukuran. Serupa dengan baja ringan, LV Truss dibuat berdasarkan desain atap yang diajukan pembeli. Penghitungan menggunakan software khusus dan pemasangan rangka dilakukan tim AKA. Saat ini bentang (span) rangka yang bisa disediakan maksimum 10 m. Rangka dirakit dengan sambungan struktur kuda-kuda menggunakan pasak bambu secara presisi di pabrik. Pemasangan di lokasi lebih mudah dan diklaim tidak meleset dari ukuran yang dirancang. “Pasak bambu terbukti kuat dan lebih menyatu dengan material kayu,” kata Untoro Angkawijaya, Presdir PT Anugrah Karunia Alam.

Bahan LVL telah teruji tidak mengalami deliminasi pada suhu 100 derajat selama 72 jam, disamping uji lain menyangkut kelendutan, kekuatan tekan, dan anti serangga serta jamur. Produk juga telah lulus uji kelayakan sebagai bahan bangungan oleh LIPI, Universitas Negeri Sebelas Maret dan Universitas Gadjah Mada. Harga rangka terpasang antara Rp98–110 ribu/m2 tergantung kerumitan desain atap dengan garansi 10 tahun. Keunggulan lain, keindahan serat kayu bisa diekspos, konstruksi lebih ringan, hanya 410 kg/m3, dan tahan gempa, serta dapat dipindahkan (moveable). Rangka atap kayu ini juga dapat didaur ulang 100% sehingga ramah lingkungan.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan