Biar Mungil, Rumah Ini Punya Mezanin dan Jacuzzi

Selasa, 27 Jan 2015 | Penulis: Nta

Housing-Estate.com, Jakarta - Mengkombinasikan antara kecil dan mewah adalah hal yang tidak biasa, terutama untuk sebuah hunian. Rumah mewah selalu dikonotasikan dengan ukuran yang besar. Tapi hal itu bisa terbantahkan dengan rumah karya Chris Heininge Construction. Rumah karya kontraktor dan desainer asal AS ini cuma sekitar 27m2, tapi Heininge berani mematok harga jual setinggi 70.000 dolar AS.

Tiny House

Apa yang membuat rumah yang terbuat dari bahan plywood ini berharga setinggi itu? Sebab meski hanya berukuran 3×6 m2, tapi tetap nyaman dihuni.  Terinspirasi oleh rumah mungil dan kompak orang-orang Jepang, Heininge mendesain rumah ini secara kompak. Terdiri atas satu setengah lantai, lantai mezanin-nya difungsikan sebagai kamar tidur yang cukup memuat tempat tidur berukuran 160×200 cm. Ketinggian bangunan 4,5 meter, sehingga orang tetap bisa berdiri di lantai mezanin. Lantai bawahnya terdiri atas area duduk termasuk dengan pemanas elektrik, dapur kecil yang dilengkapi dengan kompor listrik dan kamar mandi yang dilengkapi dengan jacuzzi.

Sejumlah furnitur dibuat built in dan dirancang dengan banyak fungsi, jadi cukup menjadi ruang penyimpanan. Seperti laci-laci di bagian bawah sofa di ruang duduk dan di bawah pijakan tangga, lalu di sisi bathtub ada rak untuk menyimpan handuk dan ada lemari yang cukup dimuati sebuah mesin cuci bukaan depan. Sofa di ruang duduk itu pun bisa diperlebar jadi tempat tidur ukuran 160×200 cm. Selain hemat tempat, rumah mini ini pun dibuat hemat energi.  Jendela dan pintu dorong yang dilapis insulasi sehingga tetap hangat di saat musim dingin, lampu-lampunya menggunakan yang berbahan LED.

Menurut Heininge, seperti tertulis pada situsnya, rumah mini tidak saja hemat biaya pembangunan, tapi juga hemat biaya dalam penggunaan energi yang artinya bukan cuma berdampak positif bagi lingkungan, tapi juga bagi kantong Anda. Rumah mini ini bisa digunakan sebagai “rumah tamu”, yang mungkin sekali untuk disewakan seperti trailer. Kalau perlu bisa dibuat mobile, sehingga bisa jadi rumah peristirahatan di trailer park.  Tapi yang jelas, meski hanya membutuhkan tapak kecil, rumah ini tetap nyaman dihuni.

(Dari berbagai sumber)

Laman: 1 2

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan