Menstimulasi Anak Dengan Warna Colorfull

Kamis, 5 Feb 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Anak-anak dalam tumbuh kembangnya membutuhkan stimulasi untuk merangsang daya pikir dan imajinasi. Untuk itu suasana rumah harus dikondisikan agar mendukung perkembangan anak tersebut. Minimal di kamar tidur si anak sehingga dia bisa bereksplorasi  lebih maksimal seiring perkembangannya.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah mengenai pewarnaan untuk kamar anak. Menurut Desainer Interior Aghnia Fuad, kamar anak sebaiknya tidak disamakan dengan ruang lain baik pewarnaan maupun penataan interiornya. “Untuk kamar anak itu perlu dekorasi khusus, misalnya mengunakan banyak warna sehingga tampilannya lebih colorfull,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (5/2).

Kamar anak

Ilustrasi

Warna yang bisa digunakan untuk kamar anak misalnya warna-warna cerah seperti kuning maupun merah untuk merangsang semangat anak. Dengan warna-warna cerah, imbuh Aghnia, bisa menstimulasi anak menjadi lebih aktif dan bersemangat. Bisa juga ditambahkan aksen, pola, maupun pattern tertentu di beberapa bagian dinding kamar anak.

Aghnia juga mengingatkan untuk menggunakan furnitur, mainan, maupun aksesori yang akan digunakan aman bagi anak. Misalnya furnitur yang meniadakan sudut-sudut tajam, penggunaan furnitur berbahan plastik, juga aksesori yang aman bagi anak-anak. Kalau perlu lantai kamar dilapisi dengan playmate, semacam karpet tebal sehingga bisa melindungi anak bila terjatuh.

“Komposisi warna juga penting jadi jangan sembarang warna-warni tapi harus dirancang juga komposisinya. Ada warna dasar, ada aksen, list, atau bisa juga ditambah kertas dinding maupun stiker kesukaan anak. Yang penting juga penggunaan bahan catnya harus yang aman, jangan yang mengandung timbal maupun merkuri karena untuk jangka panjang bisa berbahaya bagi kesehatan,” tandasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan