IKEA Terapkan Cara Belanja Mandiri

Kamis, 26 Feb 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pusat perbelanjaan aneka produk furnitur (furnishing) IKEA di Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, memperkenalkan konsep berbelanja mandiri atau konsep Do-It-Yourself (DIY). Konsep ini sudah diaplikasikan di 364 toko IKEA di 46 negara termasuk di Indonesia.

IKEA bedroom

IKEA bedroom

Konsep DIY akan langsung ditemukan saat kita memasuki show room IKEA. Pelanggan cukup menggunakan daftar belanjaan untuk mencatat nomor artikel produk, nomor bagian rak, kemudian tinggal mengambil produk tersebut dan membayarnya di kasir dan merakit sendiri barang tersebut di rumah.

Menurut Eliza Fazia, IKEA Marketing Manager, cara belanja DIY ini sudah ada panduannya di toko, website, maupun katalog sehingga pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanjanya. “Dengan kita merakit produk IKEA di rumah bersama seluruh keluarga dapat menghadirkan kedekatan emosional dan menjadikan ini sebagai aktifitas yang seru selain dapat memperkuat rasa memiliki terhadap produk yang dirakitnya,” ujarnya kepada media di Serpong, Rabu (25/2).

Tujuan dari konsep DIY ini selain untuk membuat konsumen lebih mandiri juga untuk meminimalkan biaya yang tidak perlu sehingga pelanggan dapat membeli produk dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satu dari konsep DIY adalah kemasannya yang datar sehingga lebih mengoptimalkan muatan dan mudah dibawa pulang.

Produk IKEA, jelas Eliza, dikembangkan melalui konsep Democratic Design dengan lima elemen, yaitu bentuk, fungsi, kualitas, keberlanjutan, dan harga yang terjangkau. “Maksudnya, kami menawarkan produk dalam bentuk yang indah, multifungsi, produk yang bertahan lama, terbuat dari material ramah lingkungan, dan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Selain itu, restoran IKEA juga menerapkan konsep DIY di mana pelanggan dianjurkan untuk membersihkan meja dengan mengembalikan perangkat makan dan baki ke tempat yang telah disediakan sehingga pelanggan berikutnya dapat menggunakan meja tersebut. “Pelaku ini bisa dijadikan latihan disiplin untuk anak-anak yaitu membersihkan meja makan setelah makan di rumah,” tandas Eliza.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan