Fadli Zon Membangun Banyak Rumah

Sabtu, 7 Mar 2015 | Penulis: Amalia

Housing-Estate.com, Jakarta - Bagi Fadli Zon (42), pengurus teras Partai Gerindra sekaligus pencinta seni dan kebudayaan, rumah adalah zona privat. Karena itu ia sangat membatasi fungsi rumah untuk keperluan publik. Ia tidak pernah menjamu kolega atau tamu bisnis di rumahnya di perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat. Ia lebih suka melakukannya di luar rumah atau di “rumah-rumah”-nya yang lain. Dalam lima tahun terakhir alumni Sastra Rusia Fakultas Sastra UI (kini Fakultas Ilmu Budaya) ini rajin membangun rumah non-hunian dan non-komersial. Mulai dari rumah pustaka, rumah budaya, sampai rumah kreatif, sebagai perwujudan minat besarnya terhadap seni dan kebudayaan.

Fadli Zon

“Bangsa yang beradab kan bangsa yang menghargai kebudayaan. Lagian hidup ini singkat, kita harus meninggalkan legacy,” kata ayah dua anak ini kepada HousingEstate di Bukittinggi, Sumatera Barat, akhir Oktober lalu. Legacy yang dimaksudnya yang bisa dinikmati semua orang seperti Fadli Zon Library di Jakarta, Rumah Budaya Fadli Zon di Tanah Datar (Sumatera Barat), dan Rumah Kreatif Fadli Zon di Cimanggis, Depok. Di semua rumah itu pria kelahiran Jakarta, 1 Juni 1972, ini menyimpan puluhan ribu koleksi pribadinya. Mulai dari buku, perangko, keris, tombak, benda-benda fosil, lukisan, sampai kaca mata para tokoh.

Khusus di Rumah Kreatif yang baru diresmikan 5 November 2013 dan menjadi wadah para seniman berkreasi, ia menyimpan koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia. “Percaya nggak percaya, rumahrumah itu terbangun setelah rumah tinggal saya kebakaran. Kata seorang teman, setelah terbakar rumah biasanya membawa hoki karena balanya sudah raib,” selorohnya. Ke depan Fadli masih berharap bisa mendirikan rumah seni dan budaya lagi.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan