Terdorong Urban Llifestye, Laundry dan Jasa Kebersihan Tumbuh Pesat

Kamis, 12 Mar 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan menuju urban lifestyle memberikan efek pada bisnis jasa kebersihan (cleaning service) dan laundry. Kebanyakan rumah tangga muda di perkotaan merupakan pasangan muda yang sibuk bekerja sehingga untuk merawat rumah hingga mencuci pakaian sudah tidak memiliki waktu lagi.

laundry perumahan

Ilustrasi

Hal ini mendorong terus meningkatkan bisnis jasa cleaning service dan laundry khususnya di kota-kota besar. Menurut H.M. Shiddiq S.P, Ketua Asosiasi Perusahaaan Klining Service Indonesia (Apklindo), saat ini jasa cleaning service residential sangat berkembang di sekitar Jakarta khususnya di wilayah pemukiman padat kelas menengah.

“Saat ini sudah semakin banyak perusahaan cleaning service residential yang dikelola secara internal oleh pengelola gedung. Artinya, kesempatan untuk mengembangkan bisnis ini sangat terbuka dan ini memnberikan tantangan bagi Apklindo untuk membuat standar dan sertifikasi bagi perusahaan cleaning service agar kepuasan konsumen lebih terjamin,” ujarnya kepada housing-estate.com saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/3).

Untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri di sektor ini khususnya membuat jaringan bisnis, informasi teknologi terbaru, akan diselenggarakan pameran bertajuk Expo Clean & Expo Laundry di Jakarta 26-28 Maret 2015. Ini merupakan pameran kedua yang pernah diselenggarakan, pameran sebelumnya diikuti oleh lebih dari 100 peserta dan dihadiri 4.000 pengunjung.

Tahun ini pameran akan diikuti oleh 150 peserta dan ditargetkan dapat menarik pengunjung hingga 6.000 orang dari berbagai kalangan seperti pengelola gedung, hotel, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Sebagai principal partner pameran kali ini yaitu Kaercher Indonesia yang merupakan perusahaaan terkemuka untuk teknologi maupun solusi kebersihan.

Manager Director Kaercher Indonesia Roland Staehler menambahkan, dengan expo ini memberi peluang bagi perusahaannya untuk memperkenalkan berbagai standar dan teknologi kebersihan baru yang belum masuk ke Indonesia. “Kami berharap pameran ini dapat menginspirasi para pengelola kebersihan dan laundry untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien,” tandasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan