Sigma Tank Sumur Resapan Modern dan Praktis

Sabtu, 21 Mar 2015 | Penulis: Amalia

Housing-Estate.com, Jakarta - Makin menipisnya ruang terbuka untuk resapan air adalah salah satu penyebab banjir di perkotaan. Karena itu sudah lama disarankan supaya setiap rumah memiliki sumur resapan untuk menampung air hujan sekaligus melestarikan cadangan air tanah. Provinsi DKI Jakarta melalui Pergub Nomor 20/2013 sudah mewajibkannya. Hanya selama ini baru sedikit yang melaksanakannya. Salah satu alasannya, repot membuatnya terutama di rumah yang lahannya sempit. Biasanya sumur resapan dibuat dari beton dengan kedalaman dan diameter tertentu.

Artikel_91_Info Produk_SigmaTank_212716

Sekarang ada sumur resapan yang lebih praktis: SigmaTank, produk berteknologi Australia yang didatangkan dari pabriknya di Malaysia oleh PT Trisigma Inti Solusi (TIS). “SigmaTank lebih ringan, kuat dan mudah dipasang,” kata Syaiful Anwar, Development Manager TIS. SigmaTank berbentuk tangki modular berpori dari polyropylene. Produsennya mengklaim, hanya 10 persen bahannya memakai polypropylene baru, selebihnya dari plastik daur ulang.

Tangki bisa disusun atau diletakkan secara horizontal atau vertikal. Permukaan atas-bawah dan kanan-kiri modulnya yang berlubang memungkinkannya menyerap air dari segala arah baik vertikal maupun horisontal. Tangki bisa ditanam di halaman atau area parkir. Tangki terpasang terdiri dari sekat-sekat yang jumlahnya tergantung aplikasinya. Tiga sekat mampu menahan tekanan 17 ton/m2, 4 sekat 22 ton/m2, dan 5 sekat 27 – 30 ton/m2.

Tersedia tangki modular single, double, triple, quad dan penta. Lebarnya 40 cm, panjang 71,5 cm, tinggi 44 – 211 cm, dengan daya tampung 125,94 – 606,32 liter. Berat tangki per kubik hanya 7 kg. “Bangunan seluas 50 meter persegi (m2) butuh 1,3 – 2,1 meter kubik (m3) sumur resapan. Atau idealnya tiap 25 m2 bidang yang tidak bisa menyerap air dikompensasi dengan satu meter kubik sumur resapan,” jelas Syaiful. Harga modul per kubik Rp1,6 – 1,8 juta. Ia menyebut harga itu lebih murah 25 persen dibanding sumur resapan beton. Garansi produk 10 tahun.

Untuk fungsi penyerapan air hujan, modul SigmaTank harus dibungkus geotextile, untuk menyimpan air dengan HDPE (high density polyethylene) geomembrane. Air hujan yang ditampung di tangki bisa dipakai untuk menyiram tanaman, mencuci mobil, dan lain-lain. Jarak sumur resapan dari pondasi bangunan minimal 1 m, dari sumur air bersih 3 m, dari tangki septik 5 m. Di Jakarta tidak semua wilayah dapat dipasang sumur resapan. “Di Jakarta Utara dan Barat misalnya, muka air tanahnya tinggi, tanahnya lempung, susah menyerap air,” katanya. Di kawasan seperti itu ia menyarankan cukup memasang satu modul tangki.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan