Nicholas Saputra Rumah Hemat Energi

Sabtu, 28 Mar 2015 | Penulis: Amalia

Housing-Estate.com, Jakarta - Sejak kecil aktor muda Nicholas Saputra (29) sudah biasa hemat energi. Sampai sekarang kebiasaan itu masih terbawa. Ayahnya yang teknisi listrik (electric engineer) mengajarkan banyak hal kecil terkait upaya hemat listrik itu. “Misalnya, beliau mengingatkan untuk mematikan lampu di pagi hari atau memutuskan aliran listrik di kamar kalau hendak travelling,” katanya dalam jumpa pers peluncuran kampanye “Click To Save” oleh Schneider Electric, produk elektrik ternama asal Perancis, di Jakarta.).

Nicholas Saputra

Nicholas Saputra

Sekarang saat membangun rumah sendiri pun Niko berupaya membuatnya hemat energi, dengan memperhatikan detail arsitektur seperti arah hadap bangunan dan tata letak ruang. “Sejak membeli tanahnya sudah saya pikirkan arah hadapnya,” kata lulusan arsitektur Universitas Indonesia ini. Ia enggan menyebutkan lokasi rumah dan progress pembangunannya. Pria yang tenar melalui film Ada Apa Dengan Cinta ini juga berpesan kepada arsitek yang merancang rumahnya agar membuat bangunan yang nyaman tapi efisien konsumsi listriknya. Rumah mengakomodasi banyak cahaya alami namun tidak terasa panas.

“Saya bilang supaya rumah saya nanti jangan sering pakai AC kecuali untuk tidur malam hari, atau hanya untuk ruang publik jika kedatangan tamu 5 – 6 orang,” tuturnya. Niko yang sedang bersiap syuting film terbaru awal tahun 2014 menyatakan, semua orang perlu menggunakan listrik dengan bijak dan aman. “Hemat energi tidak berarti mengurangi kualitas hidup tapi bagaimana bersikap efisien. Pikirkan juga keamanan penghuni rumah dengan menggunakan alat-alat listrik yang aman dan terjaga kualitasnya,” kata Aktor Terbaik FFI 2005 lewat film Gie ini.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan