Mengatasi Ruang Sempit Dengan Layout Efisien

Sabtu, 4 Apr 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Ukuran rumah yang kian kecil khususnya di perkotaan harus disiasati dengan pengaturan layout interior agar rumah tetap nyaman dihuni dan terkesan lapang. Ada beberapa tip desain yang bisa kita aplikasikan untuk mengatur tata ruang dengan luasan terbatas di rumah bertipe 36 m2 maupun di unit apartemen.

Ilustrasi Ruang Tamu

Ilustrasi Ruang Tamu

Selain mengatur layout interior, kita juga harus bisa memaksimalkan fungsi ruang di rumah kompak. Misalnya ruang tamu yang dimultifungsikan sebagai ruang menonton hingga ruang membaca. Penggunaan furnitur juga harus menyesuaikan dengan kondisi ruang yang ada, misalnya furnitur yang berfungsi sebagai ruang simpan sekaligus partisi ruang.

Berikut beberapa panduan membuat sekat sederhana dari furnitur untuk menyiasati ruang yang sempit seperti dikutip dari portal properti Lamudi:

Meja Kecil dan Gerabah

Gunakan meja dengan gerabah (tembikar) yang senada dan sesuaikan dengan pernak-pernik yang berwarna senada. Meja yang digunakan sebaiknya setinggi pinggul dan berwarna gelap sementara gerabah yang diletakan di atas meja tingginya akan sebahu atau lebih. Penggunaan warna gelap dan senada akan meminimalisir kesan terlalu pada pada ruang tersebut.

Lemari Pajang Transparan

Penempatan lemari pajang dari kaca maupun material lain yang transparan akan membawa kesan keterhubungan namun tetap memiliki atmosfir yang berbeda. Furnitur seperti ini berfungsi sebagai penyekat ruang, tempat penyimpanan, sekaligus dekorasi bagi ruang tersebut. Bayangkan ruang tamu yang berdampingan dengan ruang baca akan terasa lebih hidup tapi keduanya tetap pada fungsi ruang utamanya.

Rak Buku Dengan Penyusunan Selang Seling

Penyekatan ruang dengan rak buku akan lebih baik dengan penyusunan bukunya yang diselang-seling diantara rak buku yang berbentuk kotak-kotak. Hal ini akan membuat kedua sisi seakan terhubung dengan tampilan yang lebih baik selain kita akan lebih mudah menemukan judul buku favorit dari sisi depan maupun belakang.

Sekat Lipat Bermotif atau Bergambar

Sekat lipat banyak digunakan karena sangat mudah dan fleksibel. Untuk menambah kesan yang lebih bagus dan dinamis, sekat ruang bisa ditambahi aksen seperti gambar bunga hingga motif animasi tokoh kartun yang disukai anak-anak. Penggunaan sekat juga bisa digunakan pada kamar laundry sehingga bisa berfungsi sebagai ruang cuci sekaligus semacam walk in closet pada ruang yang sempit.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan