Ahok Ingin Rusun Dimasukkan E-Katalog

Jumat, 10 Apr 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terus memperbanyak hunian rumah susun (rusun) bagi warga tidak mampu maupun untuk memindahkan warga yang bertempat tinggal di lokasi terlarang. Untuk mempercepat pembangunan rusun di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) menginginkan pembangunan rusun dimasukkan ke dalam e-katalog di Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) sehingga pelaksanaannya bisa lebih cepat karena tidak perlu mengikuti lelang.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok)

Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok)

“Saya mau rusun ini bisa cepat pembangunannya sehingga saya juga berharap LKPP bisa lebih fleksibel. Dengan masuknya ke e-katalog nggak perlu lagi melalui lelang. Jadi bisa menghemat waktu, dan pembangunannya juga bisa lebih cepat. Saya juga sudah lapor ke presiden untuk memasukkan ini ke LKPP,” ujar Ahok di Balaikota, Jumat (10/4).

BUMN yang bergerak di sektor konstruksi dan berpengalaman membangun gedung bertingkat tinggi juga banyak. Ahok berharap BUMN-BUMN ini membangun dulu rusun sesuai permintaan pemprov dan langsung dibayar sesuai dengan jumlah unit yang dibangun. Dengan begitu pembangunan rusun bisa lebih cepat.

Bila menggunakan proses lelang dan tender seperti yang selama ini terjadi, menurut Ahok, untuk proses tendernya saja bisa memakan waktu satu bulan lebih sehingga untuk periode sampai dibangun akan memakan waktu lebih lama lagi. Ahok menginginkan BUMN bangun saja terlebih dahulu kemudian dimasukan ke e-katalog sebagai stok rusun yang nantinya dibeli oleh pemprov.

“Bangun aja dulu, misalnya rusun di atas 18 lantai dengan ukuran 30 m2, harga misalnya Rp200 juta per unit. Kalau seperti ini target 60 ribu rusun bisa lebih cepat tercapai dan anggarannya juga nggak besar, paling Rp1,2 triliun. Dengan adanya stok rusun ini juga bisa jadi stimulus ekonomi dalam pembangunan properti,” lugasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan