Jadi Desainer Interior Dengan Aplikasi Sketchup

Minggu, 12 Apr 2015 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Perkembangan gaya desain interior sangat luar biasa dan telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hanya saja masih banyak yang menganggap urusan merancang rumah maupun layout interiornya hanya bisa dilakukan oleh para arsitek maupun interior desain yang memang profesional di bidang tersebut.

Padahal setiap orang memiliki seleranya sendiri untuk membuat bentuk maupun penataan di rumah yang kita tinggali. Untuk itu kita bisa memanfaatkan sebuah aplikasi software Sketchup untuk membuat rancangan maupun penataan interior untuk rumah kita dengan lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Demonstrasi aplikasi Sketchup

Demonstrasi aplikasi Sketchup

Sketchup sendiri merupakan aplikasi software gratis yang banyak digunakan di jaringan media sosial Kaskus kemudian pindah ke Facebook (fb). Menurut Sadyo Adhi, pendiri dan admin SketchUnesia, sebuah komunitas pengguna Sketchup, aplikasi ini banyak digunakan para arsitek maupun interior desain hingga sekadar orang yang hobi mengutak-atik desain interior.

“Software ini telah memberikan warna tersendiri bagi dunia desain karena aplikasinya lebih mudah dan sederhana dibandingkan aplikasi sejenis yang sudah ada sebelumnya. Tidak perlu menjadi expert 3D untuk bisa mengoperasikann aplikasi ini,” ujarnya kepada housing-estate.com di acara forum SketchUnesia yang difasilitasi oleh produk homogeneus tile Granito di Granito Tile Studio (GTS) Jakarta, Sabtu (11/4).

Dengan menggunakan aplikasi Sketchup, kita bisa merancang sendiri penataan interior mulai pengaturan ruang, memadupadankan posisi furnitur, hingga pemilihan warna yang akan digunakan. Intinya aplikasi ini bisa memvisualisasikan bentuk ruang maupun penataan interiornya sebelum kita aplikasikan pada ruang sesungguhnya maupun hanya sekadar untuk koleksi berkaitan dengan hobi menata interior.

Ditambahkan oleh Kuntjoro Tjahjosarwono, Manager GTS, ajang kumpul-kumpul komunitas SketchUnesia ini sudah yang keempat kalinya diselenggarakan di GTS dan tahun ini pesertanya paling besar mencapai lebih dari 100 orang. Ke depan, ajang seperti ini akan terus dilanjutkan sebagai bagian dari sosialisasi dan edukasi sehingga setiap orang bisa lebih kreatif khususnya di bidang arsitektur dan interior desain.

“Dengan acara seperti ini konsumen juga jadi lebih ngeh kalau produk-produk bahan bangunan seperti Granito bisa diaplikasikan dengan lebih bagus tergantung kreatifitas desain kita. Setiap produk yang beredar di pasaran kurang lebih sama dari sisi kualitas karena pasti sudah terstandar sehingga kegiatan seperti ini merupakan bagian dari after sales kita untuk meyakinkan konsumen kalau kita memiliki deferensiasi dibandingkan produk lainnya,” imbuhnya.

Aplikasi Sketchup sendiri menyediakan banyak koleksi bentuk maupun warna yang bisa dipilih sesuai selera. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis maupun berbayar yang akan menyediakan pilihan koleksi maupun bentuk model yang lebih beragam lagi. Ajang pertemuan SketchUnesia sendiri sebagai sharing karya-karya desain para anggotanya yang saat ini mencapai 25 ribu orang di fb.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan