Dodit W Probojakti Menyeimbangkan Portofolio

Sabtu, 30 Mei 2015 | Penulis: Yoenazh Khairul Azhar

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - odit Wiweko Probojakti (47) sudah lebih dari 25 tahun malang melintang menjadi eksekutif bisnis consumer banking. Mulai dari Citibank Indonesia, ANZ, Danamon, GE Money, sampai BNI. Awalnya sarjana akuntasi UGM Yogyakarta ini lebih banyak menangani kartu kredit. Di BNI misalnya, ia didapuk menjadi GM Bisnis Kartu Kredit. “Ada head hunter cari orang yang bisa menaikkan kartu kredit BNI jadi top three di segmen menengah atas. Saya diajak masuk,” katanya. Ia memenuhi target itu. Misalnya, dari 1,7 juta pemegang kartu kredit BNI, hanya 52 ribu yang berpenghasilan Rp3–10 juta/bulan.

Dodit W Probojakti

Kiatnya, dengan memilih mitra strategis, melakukan co-branding dengan merek-merek tersohor seperti Ferrari, klub sepakbola Chelsea, dan Garuda Indonesia, bekerjasama dengan merchant-merchant ternama, dan menawarkan program yang sesuai dengan perilaku transaksi pemegang kartu (consumer behaviour). Ketika tahun lalu Dodit didapuk sekaligus menangani kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) dengan jabatan GM Product Management Division, Consumer and Retail Banking BNI, ia mengaku tidak kagok.

Adjustment-nya tidak banyak, karena pengelolaan bisnisnya sama,” kata MBA dari IPMI Jakarta ini. Misalnya, ia tahu sekarang bisnis properti lesu karena kebijakan pengetatan kredit yang diterapkan BI sejak akhir tahun lalu. “Karena itu kita memperkuat KPR rumah seken seharga Rp1 miliar di Jabodetabek dan kota-kota besar lain, untuk nge-balance portofolio KPR kita,” kata Dodit. Selama ini Griya (KPR) BNI fokus membiayai rumah primer (baru) dengan nilai kredit rata-rata Rp300 jutaan/debitur. Dengan kiat itu ia optimis Griya BNI tahun depan bisa tumbuh lebih tinggi (mencapai Rp38 triliun) dibanding tahun ini yang sekitar Rp33 triliun.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan