Serpong Kian Mahal, Potensi Lahan Bergeser Ke Sebelah Barat

Selasa, 2 Jun 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Serpong, Tangerang, Banten, sebagai kawasan di sebelah barat Jakarta perkembangannya sungguh luar biasa dengan penawaran properti-properti premium di wilayah ini. Setelah kawasan Serpong berkembang sedemikian rupa, terjadi pergeseran khususnya untuk kawasan Tigaraksa, Pasar Kemis, Balaraja, hingga Cikupa yang secara lokasi berada di bagian barat Serpong.

Savanah Residence

Savanah Residence

Diakui oleh Abdul Hamid, CEO Mika Group, pengembang perumahan Savana Residence di Tigaraksa, Tangerang, saat ini pengembangan kawasan kian ke arah barat menyusul kawasan Serpong yang semakin tidak terjangkau. “Dulu kawasan sini memang agak lambat kenaikannya tapi sekarang pemerintah mulai serius membenahi kawasan sini apa lagi jalan tol yang dari Serpong juga sudah dibangun, makanya kami juga berani buka proyek sekarang,” ujarnya saat groundbreaking Savana Residence, akhir pekan lalu.

Hal yang sama juga diakui oleh Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda. Menurutnya, tingginya harga tanah di kawasan Serpong membuat pengembang melebarkan pasarnya ke wilayah dengan harga tanah yang lebih rendah seperti di kawasan Tigaraksa hingga ke Cikupa.

“Sebetulnya kawasan Tangerang yang meliputi Tigaraksa, Pasar Kemis, Balaraja, dan Cikupa sudah jadi incaran pengembang sejak dulu. Kita lihat ada Ciputra yang mengembangkan Citra Raya, Intiland Development dengan Talaga Bestari, Jaya Group yang mengembangkan Puri Jaya, selain proyek lain seperti Imperial Park, Suvarna Sutera, dan lainnya,” katanya.

Menjadi semakin dinamis, Ali menyebut karena rencana aksesibilitas jalan tol Serpong-Balaraja-Bandara, menjadi hal yang turut mengangkat kawasan. Jalan tol Serpong-Balaraja sendiri akan menyambungkan jalan tol Bintaro-Serpong yang juga akan menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Kendati belum seatraktif kawasan Cikarang, Bekasi, kawasan Tangerang ini pun disebut Ali memiliki economic based dari kawasan industri dan pergudangan sehingga sangat potensial dikembangkan proyek properti. “Kegiatan industri di Kabupaten Tangerang ada cadangan lahan mencapai 3.000 ha dan 4.500 ha untuk zona industri yang tersebar di tujuh kecamatan yaitu Cikupa, Balaraja, Tigaraksa, Cisoka, Pasar Kemis, Legok, dan Serpong. Jadi potensinya cukup luar biasa,” tandasnya.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan