Tjakra Donja Puteh Inovasi Kaidah Hijau

Sabtu, 4 Jul 2015 | Penulis: San

Housing-Estate.com, Jakarta - Saat didapuk direksi PT PP Properti awal tahun lalu menjadi Project Manager (PM) superblok Grand Kamala Lagoon (25 ha), Bekasi-Jawa Barat, Tjakra Donja Puteh tidak kaget. Pasalnya eksekutif kelahiran Banjarmasin, 18 Juni 1963, ini sudah berpengalaman membangun gedung tinggi seperti apartemen Patria Park (Cawang-Jakarta Timur), Grand Soho Slipi (Jakarta Barat), dan sejumlah gedung pemerintah/swasta. Karena itu alumni teknik sipil ISTN Jakarta (d/h STTN) ini, fasih menjelaskan superblok terbesar di Bekasi itu.

Tjakra Donja Puteh

Menurut dia, proyek dikembangkan dengan konsep hijau (green) itu. Antara lain melalui penggunaan lampu LED, pengolahan air hujan dan permukaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih penghuni, pengoperasian generator elektromagnetik untuk lampu penerangan, pembangunan pond penampung air berkapasitas 200 ribu m3, dan aplikasi jendela yang bisa meminimalisasi radiasi panas matahari ke dalam bangunan. “Untuk itu kami sedang berupaya memperoleh sertifikat green dari Green Council Building Indonesia (GBCI),” katanya.

Grand Kamala Lagoon akan mengembangkan 20–25 menara apartemen, beberapa gedung perkantoran, pusat belanja, sekolah internasional, serta aneka fasilitas penunjangnya. Proyek di koridor Jalan Kali Malang itu berada di sisi jalan tol Jakarta–Cikampek, dan tidak begitu jauh dari stasiun Bekasi serta bakal sentra monorel di kawasan Grand Dhika City, Jl Joyomartono. Jadi, lokasi juga mudah dicapai dengan angkutan umum massal. “Kami concern dengan global warming (pemanasan global), apalagi penyewa apartemen kami nanti banyak ekspatriat (pekerja asing) yang sudah terbiasa tinggal di apartemen berkonsep green,” ujar Tjakra.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.
Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan