Mudik, Pantau Rumah Dengan Teknologi

Rabu, 15 Jul 2015 | Penulis: Yudis

Housing-Estate.com, Jakarta - Mudik merupakan ritual tahunan setiap menjelang hari raya Lebaran. Jutaan orang di perkotaan bergerak bersamaan menuju kota-kota asalnya untuk merayakan hari Lebaran bersama keluarga besarnya masing-masing. Hal ini membuat banyak perumahan yang kosong ditinggal penghuninya.

Sebagai ajang tahunan, setiap orang yang terbiasa mudik tahunan tentu sudah sangat paham bagaimana mengondisikan rumahnya yang ditinggal mudik. Yang belum banyak diterapkan mungkin penggunaan teknologi untuk memberikan keamanan lebih pada hunian yang kita tinggalkan.

Bahkan dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet kita bisa memantau rumah yang kita tinggalkan dari kampung halaman. Berikut beberapa teknologi yang bisa kita terapkan sebagaimana publikasi yang diterima housing-estate.com dari portal properti Lamudi, Rabu (15/7).

CCTV

CCTV

Sensor Lampu

Alat ini bisa kita gunakan sebagai pengendali otomatis untuk memberikan ilusi rumah kita tidak kosong. Perangkat ini akan menyalakan lampu saat situasi di luar menjelang gelap dan akan mematikan lampu ketika matahari mulai bersinar. Dengan perangkat smarthome kita bahkan bisa memati-hidupkan lampu dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Kunci Pintar

Perangkat ini dipasang di pintu depan yang bisa mengirimkan notifikasi ke smartphone setiap kali ada seseorang yang mencoba masuk ke rumah. Dengan perangkat ini juga memberikan kita akses untuk membuka atau mengunci pintu rumah dan membebaskan kita dari perasaan cemas sudah mengunci atau belum pintu rumah.

CCTV

Penggunaan kamera untuk memantau sekitar rumah yang tersambung dengan perangkat smartphone di manapun kita berada. Aneka perangkat ini akan memberikan sensor maupun alarm untuk melindungi rumah kita dengan lebih baik. Perkembangan perangkat ini juga kian mudah murah sehingga kita bisa tetap memantau kondisi rumah dari jauh.

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Pasang Listing GRATIS
Beri Tanggapan